Pages

1/6/07

Nationalism Commercial

Pernah liat iklan rokok Gudang garam baru-baru ini di telepisi gak? yang seri 'Rumahku Indonesiaku' ato kalo yang baru ini 'Cahaya Asa' yang ditutup dengan tag ucapan Natal dan tahun baru, kalo kemaren pas Agustusan tagnya dirgahayu RI? (kalo mau sedikit ulasan lebih lengkapnya coba cek ke blog punya Dami Sidharta yang jadi art director nih TVC http://dontaskmetoshutup.blogspot.com/ dijamin lebih ngeh!)
sumpah, aku salut sama yang buat! gambarnya indah, alurnya keren, musik latarnya juga mengharubiru, belom lagi fakta yang ditonjolkan bahwa; kita tuh belon tau sedikitpun tentang Indonesia! hah!
selidik punya selidik, setelah baca di Kompas, ternyata creative advisornya si Jay Subiyakto! jeniuusss... nggak cuman Jay yang bikin nih proyek, sederatan orang kreatif jadi back up nih iklan yang super duper keren. I Ketut Rina, seorang koreografer kondang Bali yang bikin gerakan-gerakan model menjadi sangat eksotis, Ketut sendiri tampil pas bagian scene akhir yang gondrong trus loncat sambil tereak "jancuuak!" (hehe yang aku denger sih geto, maap) trus yang bikin aku kaget, kostum yang dipake ama modelnya ternayata eh ternayata bikinannya Edward Hutabarat, fashion desainer idealis yang saya kagumi!
belom lagi animasi 2D klasik dan ornamental yang sungguh kerasa heritagenya! salut! katanya sih FX supervisenya si Aty S Soedharto? aku belom banyak tau sih, tapi sungguh salut buat Ipang Wahid sang director! Indaaah banget, jadi ngiris ati pengen keliling Indon, hehehe...
aku sih nyebut iklan kayak gini tuh nationalism commercial, jadi ada semangat edukasi yang diperjuangkan. gak cuman bayar agency, keluarin commercial, produk laris, dan stag! menurut aku sih iklan yang membangun kayak gini tuh salah satu wujud community development yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. buat Gudang Garam salut deh!
emeng-emeng tentang musiknya yang membuat bulu kuduk merinding, aku sih ngira itu lagunya Nera, kelompok jazz etniknya si Gilang Ramadhan, suara pokalisnya mirip sih. trus suara wanitanya gak tau, tapi ya 11-12 ma Ubiet lah, keren juga! eh omong-omong tentang Ubiet, katanya Ubiet abis ngeluncurin album barunya yang berjudul "Music for Solo Performer, Ubiet sings Tony Prabowo" (panjang banget yo judule!) huntiiing aaahhhh....

2 comments:

Anonymous said...

yg nyanyi di rumahku indonesiaku maupun cahaya asa itu wulan namanya, she's www.momomilk.deviantart.com . check her out

Anonymous said...

or check her myspace.com/dylansada