Pages

1/12/07

Obey Giant Propagandart

ada yang udah pernah denger tentang gerakan art propaganda yang dikasih nama obey giant? obey giant sendiri aku kenal sejak empat tahun lalu, pas itu mbaca majalah desain kesukaanku Blank! pas itu lagi ngangkat masalah propaganda artist, nah salah satunya propaganda yang dibikin ama Shepard Fairey yang dikasih tag Obey Giant. Awalnya shepard cuman iseng aja bikin stencil make wajah wrestler kesukaannya, nah pas ada sekelompok skater tau hasil stencilnya, tuh stencil diadopsi untuk ngehias board. lama-kelamaan virus obey ini merambah sampe berbagai belahan dunia. bahkan sempat dibikin film, ato jadi cameo scene di beberapa film kaya Batman Begin, aku sih ga tau banyak soale data pastinya aku pernah baca di Blank! magazine tapi pas aku browsing lagi kok gak nemu ya? (huuuuu! cuih-cuih) eit tapi sabar dulu, soale aku sempet browsing untuk menampilkan beberapa artwork mereka yang fenomenal.
belajar dari pengalaman Obey, propaganda mereka sebenarnya sangat sederhana. dari core image yang berupa siluet wrestler yang sangar dengan tulisan Obey dengan typefont helvetica (mungkin lebih cucok Arial Black kali ya), gambar ini menawarkan ambiguitas yang cukup unik. Tulisan 'OBEY' yang terang bisa jadi kita tafsirkan secara harfiah sebagai kepatuhan terhadap kekuatan yang masif (yang diwakili gambar wrestler) tetapi bisa juga sebaliknya. Shepard ingin menunjukkan bahwa kekuatan masif yang selama ini mendominasi harus dilawan, toh bukankah propaganda ini ditujukan pada kalangan underground yang menganut paham perlawanan? klop!

tetapi bagaimanapun juga shepard sesungguhnya hanya ingin berbagi (dengan free download dari situsnya: ObeyGiant.com), berbagi perlawanan melalui media pop. dalam situsnya shepard berkata; medium is a message! ya setubuh! make art not war lah...

1 comment:

odoygiant said...

mo lihat blog orang yang keranjingan obey? lihat link ini:
http://odoygiant-senimaninginkaya.blogspot.com/