Pages

3/3/07

Prigi Asoy

hah! lama gak ngeblog! sory sory buat kamu-kamu yang dah nunggu lama untuk postingan kali ini saya minta maap yang sebesar-besarnya! tapi saya jamin, setelah membaca postingan kali ini anda akan tertawa dalam kesedihan! hahaha mengapa eh mengapa karena nih postingan merupakan postingan perjalanan wisata-kerja untuk riset buat PKM di kabupaten trenggalek.

kan ceritanya aku tuh satu kelompok ma hanif untuk PKM, nah alhamdulillah kemaren proposal PKM kita lolos untuk direalisasikan. judulnya pemberdayaan nelayan prigi dengan aplikasi GPS! hah mantap gak tuh... awalnya kita maunya ngadain nih proyek itu di muncar banyuwangi, dengan pertimbangan karena muncar adalah penghasil ikan terbesar kedua setelah pelabuhan bagansiapiapi. tapi usut punya usut ternyata masyarakat nelayan muncar banyak yang sudah pake aplikasi GPS, dan kehidupan mereka sudah jauh lebih baik daripada nelayan di daerah prigi. alasan lain yang paling utama adalah; karena muncar itu lebih jauh daripada prigi, jadi cost risetnya lebih banyak daripada di prigi, sehingga dana enam juta yang turun dari DIKTI bisa berkurang! hahahaha *pikiran licik mode: ON*. di bawah ini foto hanip, seorang yang telah menjerumuskan aku di lembah PKM, hahaha... (nif, awakmu tak iklanin gini biar terkenal. eiiit, tapi gak gratis, ada goceng gak?)setelah menempuh perjalanan sejauh empat jam dari surabaya akhirnya sampai juga di trenggalek. kota trenggalek itu kotanya khas, landscapenya unik, banyak bukit karang menjulang tinggi, dan tentu saja indah! kebanyakan bukit karang yang ada itu nggak pyur karang, di atasnya ada tetumbuhan yang semakin mempercantik bukit-bukit itu. sayangnya untuk postingan kali ini belom tersedia gambar bebukitan itu, yasud nextem aku bakalan kasih liat kalian kok.

sampe di trenggalek gak langsung ke pentai prigi, sebelomnya kita bertatap muka sama pemda setempat intinya mereka menyuport kita, bahkan bersedia mensponsori kita dalam bentuk materi dan doa *jangkrik!* trus katanya sih penginapannya dia siapin di hotelnya pemkab deket pantai! hahaha thanks god! tapi pas lagi tatap muka, anjritnya tuh para birokrat terang-terangan ngrokok depan kita! asem! lha wong kita lagi serius ngomongin pemberdayaan masyarakat, eh merekanya nanggepin lempeng ajah ma ngrokok! harusnya orang birokrat diajarin etika tuh...
abis basa-basi ma birokrat langsunglah kita menuju pantai prigi tempat kita akan bekerja untuk mencari nafkah demi anak istri nanti, jalannya jauh, berkelok, naik, turun, dan nanjak. aku pikir ini pasti tipikal kawasan pantai selatan yang berbukit akibat subduksi antar lempeng bumi yang terjadi jutaan tahun lalu *cieeee*. sama kayak watu ulo di jember. tapi sedapnya di pinggir-pinggir jalan kita disuguhi para penjual duren yang mangkal dengan wajah berseri. duren di trenggalek besar-besar dan tampaknya sangat menggairahkan! hahaha tapi usut punya usut ternyata daerah situ namanya adalah daerah durenan, panteees...

pantai prigi sebenernya sangat indah, kalo pernah liat filmnya diCaprio yang The Beach, maka ganbaran pantai indah nan bersih dengan ceruk berbukit indah akan kamu dapatkan di prigi! sumpah gak boong! *aku jadi berfantasi layaknya diCaprio yang dikelilingi cewe-cewe native yang cakep-cakep! gyahahaha* pantainya tuh tenang, ombaknya juga kecil gak kayak pantai selatan lainnya yang bergulung, tentu saja ini karena dihalangi oleh bukit yang mengelilingi prigi, siiip wes pokoke! tempat ini highly recommended banget. kalo anda adalah muda-mudi yang selalu kelaparan, jangan khawatir, di sepanjang pesisir banyak kita temui warung yang menjual makanan seafood yang murah meriah, aku sendiri belom coba tapi kalo kemarin ngerasain es degan prigi wuah, mak nyuus tenaan! harganya juga murah kok; 3000 perak!trus abis dari pentainya kita menuju tempat pelelangan ikan. gak kayak puger di jember yang kumuh dan becek, di pelelangan ikan prigi tempatnya relatif bersih dan teratur. apa mungkin karena hasil tangkapan ikan yang nggak sebanding ma puger ya? tapi whateva yang penting nih pelabuhan juga okey buat hunting.
Balik dari prigi, capek. akhirnya berhenti di durenan, makan duren ampe mampus, pulang pusing, akhirnya di mobil tidur mulu. dasar ra mutu. pokoke selagi masih muda ayo dooong travelling...

No comments: