Pages

3/18/07

Religiusitas Bangsa

Kemaren pas iseng Googling aku nemu grafik yang dirilis ama kantor berita BBC yang sourcenya diambil dari survey yang dilakukan ICM. Hasilnya cukup bagus untuk dijadikan bahan diskusi; bangsa Indonesia adalah bangsa paling religius nomor dua di muka bumi setelah Nigeria! Ooouuuuggghhh… Jadi teringat ma penelitian lembaga survey AC Nielsen (kalo gak salah) beberapa tahun yang lalu yang dirilis koran nasional Jawa Pos yang menyebutkan bahwa bagsa ini adalah bangsa yang bangun paling pagi karena mayoritas Islam dan melaksanakan sholat subuh tiap pagi!

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh ICM ini sebenernya pertanyaan simpel tapi sangat mendasar, contoh saja,

”Do you believe in God or higher power?”

“Do you believe that God or higher power makes for a better human being?”

“Do you pray regularly?”

Nah, itu kayak pertanyaan iseng kan? Kalo kamu jawab gak percaya tuhan, salah-salah bisa dituduh atheis PKI kamu di negeri ini! Apalagi kamu udah ikut pelatihan ESQ yang limapuluh rebuan, pasti deh kamu akan berbondong-bondong mengisi kolom “YES”! Sepakat aku!

Tapi masalahnya bukan pada jawaban yes pada pertanyaan-pertanyaan yang udah disebut diatas. Di bawah pertanyaan tadi ICM menanyakan:

“Do you believe that your God is The Only True God?” –Indonesia menjawab ya dengan angka paling tinggi, sekitar 98%, disusul Lebanon—

Pas disuguhi pernyataan:

“The world would be a more peaceful place if people didn’t believe in God” –dengan serta merta 88% orang Indonesia menyatakan ketidaksetujuannya—

Poin terakhirnya adalah yang paling menarik, 90% warga Indonesia berani mati demi membela Tuhan-Agama, lima poin di bawah Nigeria.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan keyakinan-keyakinan ini, bukankah kepercayaan akan Tuhan dan membelanya mati-matian merupakan kebutuhan hakiki setiap manusia seperti yang dijelaskan Karen Amstrong dalam dua bukunya Sejarah Tuhan sama Berperang Demi Tuhan. Tapi entah kenapa kok yo aku masih saja bergidik melihat grafik-grafik ini. Mungkin karena imanku belum kuat.

4 comments:

Andreas Harsono said...

Dengan hormat,

Ini survei yang menarik sekali. Nigeria dan Indonesia ternyata negara yang dikategorikan paling religius di dunia, paling percaya akan keberadaan Tuhan. Namun kalau kita google, negara-negara paling korup di dunia, ternyata kedua negara ini juga masuk urutan lima besar. Freedom House sering sekali memasukkan Nigeria dan Indonesia dalam kategori negara yang cuma punya demokrasi formal, yang tak didukung kebebasan sipil (kebebasan beragama, berserikat, berpendapat, perlindungan terhadap kaum minoritas dan sebagainya).

Masuklah lebih dalam, maka kita menemukan bahwa Nigeria dan Indonesia juga negara yang paling banyak membunuh warganya sendiri. Mereka juga terlibat communal violence antar sesama warga. Nigeria juga punya sengketa sektarian Kristen dan Islam.

Dulu ada diskusi Jaringan Islam Liberal soal fenomena ini. Kesimpulannya, religiositas tak ada korelasinya dengan kehidupan yang demokratis maupun bersih (tak korupsi). Atau dengan kata lain, Nigeria dan Indonesia adalah dua negara paling munafik di dunia ini. Serem khan.

Anonymous said...

ketika saya baca blog anda. menarik sekali ya.. banyak hal yang bisa di ambil.. klo boleh tau nama lembaga yang melakukan survey itu mempunyai website yang bisa di kunjungi ga? apa nama webnya?
saya tertarik, karena mungkin akan saya pakai untuk bahan skripsi saya.. mohon bantuannya apabila anda mempunyai bahan2 lain berkaitan dengan religiusitas.. tolong emailkan ke inibuattugas@yahoo.com
terima kasih banyak sebelumnya

aklam said...

mas anonymous, coba nanti saya carikan, tapi yang pasti, riset ini saya unduh dari BBC.co.uk. tertulis di diagramnya yang menyajikan survey ini adalah sebuah lembaga bernama ICM, kalo kata mas andreas (komen diatas anda) bilang freedomhouse juga pernah mengadakan survey serupa. terima kasih...

christ said...

nah itulah bangsa kita.karena tanpa disadari sejak jamannya embah kita dulu, agama adalah untuk penguasa.kita sudah lupa bahwa didalamnya(agama) ada banyak angger2(aturan) bagaimana seharusnya kita berbuat untuk sesama(bukan untuk penguasa thok!).kita sudah disuci otak oleh penguasa kita yang melebihi kuasa Tuhan untuk menentukan agama apa saja yang sah menurut penguasa.kita lebih takut dengan hukum manusia daripada hukum Tuhan.yang lebih tragis lagi, orang sah2 saja berteriak TUHAN TUHAN kemudian membunuh.ternyata di Indonesia yang katanya penduduknya ramah, sebagian besar jadi brutal.Hiiiiiii....