Pages

9/18/07

Kenapa Harus Ngeblog?

Beberapa waktu lalu, saat ada workshop di Despro untuk mahasiswa baru, saya didapuk untuk membawakan sebuah presentasi mengenai marketing. Kebetulan saya, Aseng, Brenda, dan Handi harus menyampaikan materi marketing ini dalam waktu dua jam. Bukan waktu yang singkat bukan? Maka dari itu presentasi ini kami siasati dengan membagi tugas dengan ”keahlian” masing-masing. Kebetulan Handi yang baru saya pinjami buku Self Marketing-nya Hermawan Kertajaya terpaksa harus mau jadi pembuka dengan materi Menjual Diri! Selanjutnya Aseng dan Brenda melakukan share experience mengenai bisnis clothing yang lama mereka geluti, Aseng dengan Angel Inc dan Brenda dengan Lettuce-nya. Lalu bagaimana dengan saya? Alhamdulillah diberi porsi untuk menyampaikan materi Internet Marketing.

Seperti yang sering saya koar-koarkan kepada banyak orang yang saya temui dan sekaligus menjwab pertanyaan Winda, saya harus jujur mengatakan bahwa internet itu penting, ngeblog itu wajib! Mengapa? Ya, karena kita bisa mendapatkan apapun dari internet. Layaknya sebuah department store yang luas dan lebar, orang pun masuk silih berganti, tidak ada penjaga, dan kamu bebas ambil apa saja! Semua ilmu tersedia, tentunya dengan berbagai wujud media. Mulai dari gambar, musik, sampai video, pinter-pinternya kita ngunduh itu semua. Jadinya nggak ada alasan untuk mahasiswa se-Indonesia Raya untuk nggak kenal internet. Apalagi mahasiswa desain, waduh kacau tuh kalo sampai nggak tau internet! Padahal di internet kita bisa temukan banyak inspirasi, apalagi kalo kita lagi ’buntu’ untuk garap tugas kampus.

Blog: itu juga penting! Nah seperti yang saya terangkan ke ratusan mahasiswa baru Despro 2007 siang itu, bahwa salah satu cara marketing paling efektif di internet adalah ngeblog. Sudah terpampang bebas, gratis pula. Saya pun memberi sebuah ilustrasi; kita ini mahasiswa Indonesia, kalo baru masuk kuliah tahun ini (2007) dan dengan itungan normal bisa lulus tahun 2011. Padahal AFTA (asean free trade area) sudah dibuka sejak 2010, itu berarti banyak tenaga kerja dan corporate asing yang masuk ke Indonesia dan melenggang dengan bebasnya. Lah, kalo kita tahun segitu aja baru fresh graduate, belom punya pengalaman dan plonga-plongo ya udah mati aja di telan bule-bule pinter itu. Makanya self marketing itu harus dimulai sejak dini, dari SEKARANG! Juallah pemikiranmu melalui blog, biarkan karyamu dikenal dunia dengan internet, tunjukkan bahwa desainmu dapat menginspirasi jutaan orang. Menjual diri dari sekarang, akan lebih safe mengahadapi AFTA nantinya saya pikir.

Mmm lalu satu lagi. Ukuran keterkenalan saat ini telah bergeser (setidaknya di benak saya pribadi), jadi terkenal bukan berarti kalo jalan di kantin kampus lalu kamu sebagai cewek cakep digoda oleh banyak pria. Atau seandainya kamu seorang pria gagah yang rajin ke gym, cewek-cewek akan jatuh hati melihat dadamu yang bidang, dan kamu pun akan terkenal dengan kelebatan bulu dadamu yang paling banyak dicari wanita sefakultas itu. Nope! Ukurannya gampang: coba ketikkan namamu pada search engine macam Google, lalu lihatlah berapa page namamu (dan itu harus benar-benar namamu) akan disebut! Kalo hasilnya ’there are no result to display’ yang berarti kamu belom tenar, meskipun kamu bergincu tebal ato berdada bidang sekalipun.
Salam!

4 comments:

Aileena S.C.R.E.C said...

kenapa harus ngeblog?......
karena udah menjadi kebiasaan c alias hobby hehehe. sip cak memank hrs begitu kalo gak pengen ketinggalan minimal punya 1 bloglah heuheu

the_goeh said...

Iyahhh...ada...nama saya ada..di google...tapi banyak yg mirip...heee....

Sekarang banyak blog yg cukup tinggi traffic-nya tapi isinya biasa saja gituh...sekali nge-post bisa puluhan comment yang masuk nah....saya...ada yang ngebuka trus di close lagi aja udah sukur heee....

aklam said...

hahaha, iyo mas the goeh! bener, blogku disawang sitik ae wis alhamdulillah masiyo gak mampir yo gak popo:D

kurniaa said...

ya, blog sekarang kayaknya mulai digunakan untuk njual diri :D

he he he.. mari berkreasi.