Pages

1/29/08

PakAR Fisika

Huuuuh liburan memang asyik untuk belajar. belajar apa saja. pastinya pun kalian punya banyak cerita, hal baru dan ilmu baru selama liburan yang amat singkat ini. liburan memang harus selalu diniatkan untuk ngangsu kaweruh.

begitu juga saya, beruntung sekali liburan yang saya habiskan di klaten saya bisa mendapat hal-hal baru. salah satunya adalah sebuah kopdar yang lama saya idamkan dengan blogger pemilik pakarfisika.wordpress.com. ya dialah Pak AR. dari beliau saya banyak belejar mentafakuri alam ini. belajar untuk menerima bahwa kita ini sangatlah kecil, namun juga sebaliknya, kita menyimpan kekuatan besar karena tubuh kita adalah kosmis (jagad kecil) itu sendiri. ya, hubungan antara makrokosmos yang menyelimuti dan mikrokosmos yang meledak-ledak haruslah serasi. saling mengisi kalo kata orang pacaran. hehehe.

sudah lama sebenernya saya tertarik dengan alam ini, tentang planet-planet yang subhanallah kerennya. apalagi gregetan saya memuncak ketika timbul polemik penentuan awal bulan tiap tahunnya! huh kenapa ya...

dan pada sosok Pak AR lah saya banyak belajar. beliau yang mengajari saya untuk selalu menngagumi langit malam (tentu saja jika sedang tidak hujan!), dan berpikir kemanakah kita akan menuju. hoho. tentu saya sangat menaruh hormat pada guru saya yang kocak ini. maturnuwun bos.

pas kopdar kemaren saya banyak diberi pengetahuan baru dan dikasi software2 menarik, selain stellarium yang sudah saya miliki, saya juga diberi software starrynight untuk ngelihat planet, accurate times untuk mengetahui awal bulan, dan cybersky. wah seneng banget rasanya. apalagi kebetulan pas kopdar kemaren kebetualn metrotv muter film IMAX: Cosmic Voyage kalo gak salah, sebuah kebetulan yang aneh bukan. anyway itu film bagus banget, grafisnya ciamik lho!
saat transfer data saya minta beberapa foto hasil jepretan pak AR yang tak kalah artistik, ini dia...

o ya, Pak AR juga salah satu anggota ICOP Project, sebuah proyek internasional untuk menghitung awal bulan hijriah.

ini situs ICOP
ini situs PakAR Fisika
selamat belajaaaarrr!

No comments: