Pages

1/18/08

Tambak Wonorejo

Teks & foto : aklam

Wonorejo? siapa yang tahu nama daerah itu di surabaya? nama itu memang tidak sepopuler nDarmo, Rungkut, ato Pepelegi! hahahaha tapi sungguh daerah wonorejo adalah daerah yang maknyus!

Saya sendiri menghabiskan dua tahun waktu awal kuliah saya di wonorejo, udaranya yang masih relatif bersih dan hunian yang tenang membuat saya nyaman di sana. masih ingat sekali saya bagaimana saya menghabiskan masa awal kuliah saya di surabaya serumah dengan Hanif, Anto, Putra, Awan, Mas Fahmi, Eko, ma Mas Bayu... indah rasanya...

Nah di wonorejo ini ada areal tambak yang mungkin terluas di Surabaya. dibandingin sama areal tambak di keputih dan tambak Oso jelas tidak ada apa-apanya. pemandangannya pun cukup menggirahkan, saya bisa melihat landscape yang seperti afrika di sini. o ya satu lagi yang penting, kal kamu ke tambak wonorejo, dan kamu menikmatinya maka waktu seakan melambat, apalagi nyangkruk di warung bu Gendut yang menyediakan tahu goreng sebesar paving, dan goreng pisang yang panjang-panjang, disambi dengan segelas teh wuuuuiiih angles tenaaan hati ini...

kemaren saya sempat bernostalgia ma hanif, fajar, en lik, kita pergi motret kesana, mblusuk onak berduri, nyemplung lumpur, sampe mbrasak ke rumput-rumput untuk dapat foto burung yang bagus. ya, tambak wonorejo adalah salah satu tempat konservasi burung di surabaya. mengapa? karena setiap tahunnya burung-burung Australia yang migrasi pasti mampir di tambak wonorejo. juga habitat alami tambak wonorejo amatlah mendukung kehidupan burung-burung liar di surabaya...

info lengkapnya baca di sini, sini, dan sini.

oya kalo mau prewed disini juga bagus lho!

ini beberapa foto yang saya capture, monggo dinikmatiiii....

8 comments:

"ndo3t'Z" said...

wah itu adalah pengalaman pertamaku n mungkin juga pengalaman pertama buat lik a.k.a Nurullah hunting photo bareng 2orang "gila", ampe "blusu'an" ke daerah tambak.untung g nyampe "slulup" untuk cari iwak bandeng.

tapi emg tambak wonorejo aaapiiikk ppuuuooolll, seperti masih "suci" dari jamahan tangan orang2 kotor (berarti kita g menjamah, tapi meremas, lho..)

dari obrolan kita2, tercetus omongan "perkembangan pembangunan surabaya sedang menuju surabaya timur" yang berrti akan menuju ke tambak "suci" juga, lha terus piye iki??

daku cuma(n) bisa berdo'a n berharap agar pihak yang berwenang atas pengelolaan daerah tambak ini masih tetep peduli ama lingkunang, jangan karena duit, duit n duit para kunam2(baca terbalik)ini akan kehilangan tempat singgah n tempat tinggalnya....

akanka para kunam ini hinggap dia atap TP3? ato mereka(kunam.red) akan tinggal di pucuk tower TVRI?
akankah mereka juga harus menghirup gas2 j***ok yang kluar dari knalpot kita.....?

MBOH WES

Mita said...

Mas... parkir-e pas iku piye?
Taroh di mana?

Kalo aq dulu pengalaman pas hunting dewean di tambak Romo Kalisari Benowo tuh, karena saking sepinya tak taroh gitu aja. Tak nyalain alarm-nya. Tapi pas motret yo ambek tithik2 noleh ngono, wedhi dicolong, bwehehe...

Seru2!

Kapan2 aku ajaken po'o.....

Oiya! Aq udah tau yang namanya Riza MArlon. Aq taunya pas mbaca Indonesian Photographer.
Terkadang fotonya kliatan gak artistik se. Tapi,,, nilai ilmiahnya sangat tinggi. Ngerti-lah. Dapetnya aja susah banget.....

aklam said...

alooo tik, iya aku juga kemaren ninggal motor saking sepinya. tapi kalo di wonorejo kamu gak bisa nengok untuk ngliatin karena alamnya kayak afrika, pohon semua. jadi ya serahkanlah saja pada Tuhan hahahahah! kalo mau sedikit repot ya titipin aja ma penjaga tambak, beres.
ya kapan2 kita hunting bareng yaaa....

crossdev said...

nice info dik / mas ...

agussatriyono said...

coba hunting fotonya agak sorean, menjelang maghrib. menghadap ke selatan. jika beruntung, akan ada view yang Subhanallah!!!

aklam said...

hoho makasih mas agussatriyono! semoga kapan-kapan bisa birdwatch bareng... heheheh

Anonymous said...

wonorejo..emang indah di waktu sore dan nyaman di waktu pagi tapi puannaaasss di waktu siang...menyimpan banyak cerita dan mistyeri alamnya...
ada yang masih bersedia tinggal di wonorejo lagi nggak....
he..he..bisa dan mungkin kali ya...anak-anak kecil di wonorejo besok jadi para ahli burung....he..he..

putri said...

sebenernya komen pertamaku itu dimana si... desperate nih guwe, padahal aku inget banget postingan tambak ini sama sms2 ultahmu itu... yampyun... udah ah, kembali ke resume..