Pages

9/7/08

Hanif Santoso, Mencintai Fotografi Sepenuh Hati

ini adalah artikel yang saya tulis untuk ITS online. Sebuah profil dari my lovely room mate! hahaha ok yaaak siiip. silahkan dibaca, dan untuk para wanita yang tergila-gila dan ingin mendalami profil kang Hanif Santoso dengan apik bisa PM saya. hohoho....

Nif sepurane nek rodo elek, tapi cukup berimbang kok, dan yang penting: "menjual"! hahaha semoga cepat laku (lagi) Nif!

------------------------------------------------------------------------------------

Tidak banyak mahasiswa ITS yang berprestasi di kancah internasional. Salah satunya Hanif Santoso. Pada bulan April 2008, ia dan beberapa temannya berhasil mengadakan sebuah pameran internasional yang bertajuk Indonesia-Japan Photo Exhibition yang bertempat di Japan Camera Industry Institute Tokyo. Berawal kecintaannya terhadap kamera, kini Hanif berhasil menggalang event bertaraf internasional.

Hanif berkenalan dengan kamera sejak SMA. Baginya, dunia foto adalah dunia yang sangat mengasyikkan. Dengan kamera analognya ia mengabadikan semua, memori dan keindahan yang ditemuinya. Ia belajar fotografi secara otodidak, hanya berbekal membaca dan bertanya. Hobi fotografinya ini melengkapi hobinya yang hadir lebih dulu, travelling.

Sejak SMA pula Hanif akhirnya bergabung dengan komunitas fotografer online, Fotografer.net. Dari komunitas inilah Hanif memiliki jaringan luas dengan para komunitas foto dan fotografer kawakan. Nama-nama besar fotografi seperti Kristupa W Saragih, Oscar Motuloh, Arbain Rambey, dan Yuyung Abdi adalah sebagian koleganya. Momen-momen berburu foto bersama para fotografer kawakan tadi menjadi kesempatan emas bagi Hanif untuk sharing dan belajar. “Saya banyak belajar dari para empu fotografi, saya juga menyukai karya-karya James Nachtwey!” ujar Hanif.

Berawal dari seringnya travelling dan memotret keindahan alam, Hanif tercetus untuk mempromosikan keindahan Indonesia melalui pameran fotografi. “Indonesia itu sangat eksotik, sayang jika dunia tidak tahu, lewat foto kita bisa mengungkapkan keindahan itu,” ungkap Hanif saat ditanya mengenai alasannya mengadakan acara besar ini. Gayung bersambut, temannya yang berada di Jepang menyambut baik rencana tersebut. “Persiapan kita lakukan selama setahun, bukan pekerjaan yang mudah memang” ujar Hanif. Ia pun bekerja mulai menyusun planning, mencari sponsor, menyebarkan poster, hingga menyiapkan website.

Namun kerja keras itu terbayar dengan antusiasme peminat fotografi yang berpartisipasi mengikuti acara ini. Bahkan beberapa nama fotografer kondang juga turut menyumbang beberapa foto terbaik mereka. “Alhamdulillah, ratusan foto dari puluhan fotografer handal masuk, namun karya-karya tersebut masih kita kurasi,” jelas Hanif.

Rencananya event Indonesia Japan Photo Exhibition ini akan diadakan tiap tahunnya. Acara ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Jepang. Hanif mengatakan, dalam pelaksanaannya acara ini didukung oleh konsulat Indonesia di Jepang. Bahkan karena acara IJPE, banyak diplomat Indonesia yang kagum dengan ‘ide gila mahasiswa’ ini. “Kita ini itungannya bondo nekat! Surabaya banget lah,” ungkap pria murah senyum ini.

Hanif sendiri memiliki cita-cita sebagai fotografer jurnalis, sebagaimana James Nachtwey dan Arbain Rambey yang ia kagumi. Baginya fotojurnalistik itu memiliki tantangan yang unik. Belum lagi jika harus bertugas di daerah-daerah konflik, dan daerah terpencil. “Mungkin enak jika suatu saat aku bisa kerja buat National Geographic!” ungkap Hanif akan mimpi besarnya.

Semoga Hanif bisa menjadi inspirasi. Berawal dari hobi fotografi, saat ini Hanif adalah seorang mahasiswa dengan mimpi dunia.

tautan:
www.ijpe.net

3 comments:

aRuL said...

wah salut buat hanif.. btw dia ngak ke sasarkan ke geomatika hehhehe

aklam said...

@ mas arul
wah kalo itu penulis tidak ikut-ikutan mas:)

ara said...

wah... wah... hanipppp... kamu lupa menyertakan penterjemah CAPTION: which was ME!!! :p

kuucapkan selamat brother, kamu memang udah kerja keras untuk event itu, semoga ke depan kamu tambah sukses yoh le... hehe. btw, mana foto2 kita di ancol??? kirimkhaannnn!

love you all,

mbakyu mu sing ayu dewe :p