Pages

11/14/08

De Simpangsche Societeit


Text: Winda Savitri
Research: Ayos Purwoaji
Image: Special
________________

Ahh Surabaya Heritage Trip kembali hadir! berkenaan dengan perayaan SDW '08 maka kami akan menurunkan artikel tentang gedung Balai Pemuda Surabaya. Gedung lawas nan antik ini tetap saja menarik di umurnya yang sudah seratussatu tahun November ini.

***
Pada gedung ini pula, telah saya sematkan gelar, sebagai the luxurious ancient building yang selalu happening di Surabaya. Mengapa happening? Yah tidak muluk-muluklah, Karena masih terawat dengan baik dan penataannya yang apik, jadilah bangunan yang satu ini pantas mendapatkan predikat ‘tempat yang harus dikunjungi’. Hal ini terbukti dari ramainya EO-EO yang membooking gedung tersebut untuk dijadikan sebagai tempat perhelatan beragam event. Mulai dari beragam pertunjukan seni hingga acara pernikahan. Suasana gedung ini tambah maknyus karena suasana arsitektur kolonialnya masih kuat terasa hingga ke sendi-sendi tulang.

tampak luar overall

Padahal pada masa jayanya dulu, jaman-jaman gedung ini baru dibangun sekitar abad ke-19 (1907an), Balai Pemuda (saat itu bernama De Simpangsche Societeit) ternyata digunakan sebagai tempat rekreasi, yaitu tempat yang sedianya digunakan untuk berpesta, arena dansa atawa sasana bermain bowling yang diperuntukkan bagi noni dan meneer Belanda.
Wuih, jaman segitu sudah ada lantai dansa tempat ajojing dimalam hari yaya...


Balai pemuda ternyata sudah berkali-kali mengalami alih fungsi alias berubah fungsi. Secara garis besar, dari yang tadinya sebagai tempat rekreasi, tiba-tiba jadi markas pemuda Surabaya. Gara-garanya mereka menang pas duel lawan kompeni. Trus berubah lagi jadi markas militer Jawa Timur, truuuusss terus berubah berubah berubah lagi dari masa ke masa, dari kepengurusan orde baru hingga reformasi, sampai pada akhirnya gedung ini dinamakan Balai Pemuda. huhuhu... (sejarah lengkapnya bisa ditemukan di Wikipedia)

kondisi jalan Pemuda tempo doeloe

***
Nah, pada saatnya sekarang telah berubah wujud menjadi gedung serba guna sekaligus gedung bioskop untuk umum, tak jarang menjadikan gedung ini sebagai salah satu tempat jujugan pertama untuk sekedar duduk-duduk santai, nonton bioskop, nonton pagelaran seni atawa membangun sebuah komunitas anak muda. Dan tak jarang pula, ide-ide baru mulai bermunculan disini. Apa mungkin karena view dan tempatnya yang strategis. ya! gedung ini berada tepat di jantung kota, banyak kendaraan dan orang yang lalu-lalang, banyak gedung modern bertingkat, persis di tikungan jalan pemuda ada air mancur. hmm, atau karena persis disebelahnya ada beberapa SMU yang kalo pas pulang sekolah bikin mata seger? Haha who knows?
...maka De Simpangsche Sociteit atawa Balai Pemuda adalah tempat yang pas dan maknyus untuk menghilangkan penat dalam jiwa dan raga...
Biasanya setiap bulan diadakan pameran kerajinan. Anda dengan mudah bisa memilih banyak ragam craft unk yang dijajakan. hanya sayang tidak banyak desainer kriya di Surabaya yang mengikuti ajang ini. malah kebanyakan pengrajin silver dari jogja. uuhh. tapi ndak apapa. tetep bisa buat jujugan kok.

Balai pemuda ini juga ndak pernah sepi dari kegiatan seni seperti pameran lukisan, foto, hingga pagelaran teater dan tari. jadi kalo Anda para pemuda-pemuda bangsa pada stuck dan bosen dengan hiburan yang itu-itu aja dengan mall yang ndak pernah sepi, maka De Simpangsche Sociteit atawa Balai Pemuda adalah tempat yang pas dan maknyus untuk menghilangkan penat dalam jiwa dan raga.

Disadari ato tidak tempat ini telah menjadi bagian dari sejarah terbentuknya sebuah gerakan pemuda yang tersohor akan semangat juangnya itu, juga sebagai saksi bisu akan perkembangan jaman dan secara tidak langsung ikut menciptakan dan membudayakan kreativitas pada anak bangsa.

salam city travel!

P.S.
-kover pada liputan kali ini kami remake dari sebuah sketsa tangan seorang artisan bernama Liem Keng, karyanya diunduh dari situs UK Petra. Maaf oom Liem, saya buat sketsanya menjadi lebih pop, wehehehe...
-liputan ini turut memperkaya tema Surabaya Heritage Trip, sebuah program dokumentasi kota oleh Hifatlobrain. Anda pun bisa berperan!
-beberapa preview arsitektural Balai Pemuda diunduh dari situs Actasurya (http://actasurya.com/)

3 comments:

aRuL said...

wah ternyata gedung itu keren juga kalo difoto...
saya blum liat dalam2nya pasti bagus :D

asasino said...

balai pemuda sebelah sekolahan saya dulu, sma6 yang tersohor itu. balai pemuda, tempat yang sampai saat ini menjadi tempat wajib daftar kunjungan klo jalan sama calon pacar (baca: korban). wekekeke.

Si Kotak Coklat said...

Eh, ini dulu yang kamu ngajak aku nonton shrek3 itu, ya?