Pages

11/4/08

Pasar Atom: The Color of Food


text & photo by Ayos Purwoaji
food database by Winda Savitri
________________________

Ah ah program Surabaya Heritage Trip akan kita mulai dari sini: Pasar Atom! wahaha mengapa eh mengapa? karena pasar ini cukup tua dan legendaris. selain itu, alasan utama Hifatlobrain memilih pasar ini karena pasar ini memuat banyak rahasia jajanan menarik yang pantas untuk diulas! yup kita bakal treasure hunt di sini.

Pasar atom itu letaknya deket sama ITC. Gak susah dicari, pasti kalo orang Surabaya aseli bakal tau. ndak usah bingung dan gundah gulana, tanya aja ama orang pasti ketemu! Pasar atom sendiri ada dua bagian, pasar atom lama dan pasar atom baru. Kalo pasar atom baru udah mirip sama mall. sudah gak ada nostalgianya, gak asik. Saya pun memilih untuk mengitari pasar atom lama.

Pasar ini bangunannya tinggi, mungkin 5 lantai kalo saya gak salah itung. lantai atap ada kolam renangnya. biasanya sih yang make para muda-mudi remaja kapuk yang masih bau terasi. kalo perenang profesional pasti makenya kolam renang KONI soalnya, hehehe.

Pasar atom itu menurut saya kayak gado-gado. banyak ragam hal yang dijual. mulai dari makanan sampe baju. mulai dari jajanan sampe perlengkapan sembahyang orang tionghoa. uuh lengkap nian. buat anda-anda yang hobi shopping, tentu jangan melewatkan shopping experience di pasar atom. pasti beda. pengunjungnya juga beragam, ada orang cina, jawa sama arab. campur bawur menambah semarak pasar atom yang memang sudah warna-warni itu. saya sendiri yang bertampang afrika juga menambah indahnya keragaman budaya itu. wehehehe.

suatu saat, Ruli, sahabat saya mengatakan bahwa pasar atom itu banyak makanan menarik. gorengannya gede-gede, cakuenya juga mantap, apalagi keripik-keripik yang dijamin crunchy. hah, saya pun langsung merencanakan city trip ini, alhamdulillah mbak kontributor sudah lebih dulu mengenal lokasi-lokasi menarik di pasar atom. jadilah kita berangkat.

selama di pasar atom banyak hal yang bisa dilihat. banyak juga panganan yang bisa diicip. jika saja Anda tekun untuk mencicipi deretan makanan yang ada, niscaya Anda bakal kenyang sebelum membeli. sayang itu tidak saya lakukan, secara saya adalah seorang cowok dengan martabat dan tatakrama keraton solo. huhuhu...

Saya pun banyak membeli makanan. pertama saya beli kue mochi semarang. bentuknya bulat sedang, empuk bertabur gula putih, isinya kacang, teksturnya lembut lengket. enak. saya juga beli permen kenyal mirip yuppi yang warna-warni. buat oleh-oleh anak-anak ITS Online. teksturnya yang kenyal enak buat digigit-gigit, apalagi taburan gula pasir di atasnya membuat gigi ini gemeletuk manja. hahaha.

Mbak kontributor sendiri menyempatkan diri untuk beli manisan mangga. enak. asem-manis gimanaa gitu. entah mengapa ia memilih makanan yang asam. saya kok jadi sedikit curiga ya... wehehehe no offense bung! mbak kontributor juga beli bakwan paneleh yang enak sekali. crunchy dan gurih. ada aroma seafoodnya juga.

setelah asyik food hunting, kita minum es teler di foodcourt. uuhh ternyata es telernya benar-benar membuat teler karena porsinya yang gede. jadi saya sarankan untuk tidak beli jika belum benar-benar haus!

humm, jadi buat anda para penyuka city trip, tak ada salahnya mencoba pasar atom sebagai salah satu rujukan. kalo mau shopping baju juga bisa kok. harganya cukup murah meriah. kalo anda masih jomblo pastikan anda bawa kamera karena bakal ada banyak manekin-manekin cantik yang bertebaran. kali aja situ bisa naksir manekin. lumayan gak usah ntraktir nonton sama makan. hemat brur! hahahaa.


harga makanannya:

kue mochi semarang 15000/kardus sekitar 20 biji
permen yuppi pasar 10000an/ons
bakwan paneleh 1000an/biji
manisan mangga 15000an/ons

mmm seingat saya sih harganya segitu -CMIIW-


oke selamat jalan-jalan dan makan-makan!



pesan seponsor:
dukunglah program
Surabaya Heritage Trip
by Hifatlobrain

7 comments:

emal said...

sayang banget Yos....
aku gak terlalu suka ngemil selain Tahu Isi, Bakwan/Ote-ote, dan sejenisnya.
jadi agak kurang respek aja ma ni tempat.

kalo makan (bukan ngemil) baru gue banget tuh. ada usul tempat?!

fajjar_nuggraha said...

mantaps gaan...
dulu ane juga pernah kesana gan sama guru yang berkunjung ke sby...
jajanan tuh yang asyik...
n kebetulan pak guru cari-cari oleh2 diputerin deh tu pasar...
asyiknya lagi tiap kecapean berhenti ditiap jajanan....
hahahahhaha
enak...gan...
waktu to makanan besarnya mie kuah jamur gan yang ada di foodcourtnya.....

aklam said...

loh jangan salah mal, di sini juga banyak penjual gorengan yang maknyuus! kalo kamu tau, ote-ote disini ukurannya jumbo, warna gorengannya pun cantik, tidak lupa ditambahkan udang diatasnya. sayang tidak kami potret. hehehe...

asasino said...

supangkat bengget dengan judul postingnya. pasar atom memang salah satu pusat jajanan surabaya. dulu saat kecil saya suka diajak mama saya belanja disana. dan setelah belanja mesti makan di atas. di lontong mie legendaris. namanya lupa.

@aklam
coba ke blauran street.. masuk kedalam. pasar jajanan juga menggila disana. gak cuma jajan tapi ada berbagai masakan. maknyusss... tempat emang agak pengap karena didalam gedung macam besmen. tapi tetep asyik kok.

aklam said...

@fajjar
hahaha makasi gan... (perasaan kayak forum sebelah, hehehehe)

@asasino
blauran adalah sebuah tempat yang masuk dalam list kami. tapi seandainya mas asasino tau spot2 paling menarik dan mau mengadakan trip sendiri monggo kerso untuk ditulis di sini, hehehehe.

lutfiana said...

Euhgghhh... Sangar Pak!!
Jadi kepengen.. Niatan jalan sama Anya aja gak klakon2..
Yo opo iki????
rekomendasimu Mknyuss Boyy...
( tapi mengingat diriku sudah di ujung tanduk, semester tua (padahal tuaan kamu) jadinya kapan-kapan aja lah.. Sekalian KP aja...)

aklam said...

@lutfiana
santai aja, semester tua itu berarti sebuah indikasi bahwa travellingnya harus semakin menggila! hahahhaa