Pages

11/4/08

Trip To Sempu Island


Text: Ayos Purwoaji
Photo: Dyat Agung Photography

_______________________
contributor|photograph








Dyat Agung photography

pria yang akrab disapa Agung ini punya tubuh yang lumayan tambun dan gelak tawa yang bikin gemes. sedang menekuni wedding photography, dan senjata barunya filter IR. kemana-mana selalu menenteng 400D dengan tele-standar-fix-nya. penyuka vespa dengan warna pasta. yang naksir bisa PM saya. hihihi.

_______________________

Uuuh setelah UTS memang enak buat ngetriiiiip!

huhu sebenarnya sudah lama saya mupeng mau ke pulau sempu. tapi baru terlaksana weekend kemarin. tapi ini bukan perjalanan biasa, ini sebuah trip yang istimewa. Sangat menyenangkan karena saya bisa berangkat trip dengan hampir seluruh populasi cowok di kelas produk angkatan 2005! hahaha rwame pool! sip sip...

perjalanan ke pulau sempu ini sudah direcanakan jauh-jauh hari. ini karena ghagha ngebet banget ke sempu, apalagi setelah melihat ebook bikinan mas bogel yang dikasih komet. ebook-nya sendiri merupakan sebuah travel guide ke sempu, di dalamnya ada penjelasan dwi-bahasa dan dilengkapi dengan foto-foto yang maknyus! apalagi mas bogel bisa membingkainya dalam layout yang rapi luar biasa. jadilah ghagha mupeng berat sama nih tempat. ghagha jugalah inisiator perjalanan ini, dibantu dengan komet dia selalu rapat malem-malem di warung kopi cak bud. kalo masih inget, ghagha ini adalah partner saya saat short trip gila-gilaan ke madura dulu.

jumlah kami semua ber-19. cukup banyak bukan? tapi diantara semua peserta hanya motor saya yang paling butut, huhuhu. sejak awal sudah kepikiran bisa ato ndak nih motor melewati medan ke sempu yang katanya lebih curam dari jalur kumitir di Banyuwangi. tapi saya sih pasrah aja, bismillah!

Sempu traveller 011008

kita ngumpul di kost ari pithik, berangkat sejak dini hari jam 2. jalan ke sempu itu cukup jauh dari surabaya. sekitar 200 kilometer. kamu harus melewati lapindo, sidoarjo, pandaan, lawang, malang, turen lalu sendangbiru. cukup melelahkan. tapi passion kami yang meluap-luap mengalahkan rasa capek itu. oya, untuk trip kali ini saya ditemani oleh seorang travelmate saya yang gemuk tak terkira; Ruli Winanta. hmm dia adalah seorang travelmate yang empuk. kalo sedang dibonceng bisa tidur saya dibuatnya! empuk empuuuk empuuukk...

sampai di pantai sendangbiru harus bayar dulu, registrasi mau camp di pulau sempu. mmm pulau sempu ini salah satu cagar alam di Jawa Timur, jadi peraturan kebersihannya cukup ketat.

Setelah nyeberang pake perahu charter nelayan sekitar kita sampe di pulau sempu. Peairannya banyak tumbuh bakau, struktur tanahnya kebanyakan karang dan batu cadas. untuk sampai ke segara anakan, spot paling eksotis di sempu, kita harus melintasi pulau sejauh belasan kilo dengan jalan menanjak dan menurun. sempat anak-anak jadi down, kok wuadoh ngene rek! hahaha yang paling depan ada ghagha ama imbrong, yang emang ngebet mau berak hahahaha...

berbagai tanjakan kami lewati, banyak parit kami terjang, pohon tumbang kita libas, kami berkeringat, lelah, dahaga, dan pundak pun pegel-pegel. tapi... ternyata emang worth it! uuh segara anakan itu indah sekali! pantainya pendek pasirnya putih-halus-lembut, airnya biru-tenang-jernih. bentuknya melingkar oval dibatasi oleh dinding karang dari lautan lepas yang berombak ganas. jadi suasanya seperti private beach. suasananya sangat eksotik! uuuhhh nangis-nangis saya sama ghagha pertama kali dateng. gila nih tempat, gila!

Hidden paradise
(Segara Anakan beach, Sempu island)


ada seorang kawan di milis indobackpacker yang bilang kalo segara anakan di sempu itu jauh lebih indah daripada pantai Koh Phi Phi di thailand. Asal tau aja, Koh Phi Phi itu adalah tempat syuting film the Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio. WTH! uuh subhanallah...

poster film the Beach dan pantai Koh Phi Phi

tapi kami tidak lama di segara anakan. karena weekend, jadi banyak pengunjung yang datang. kami pun cari tempat lain buat bermalam. menjelajah, kami pun mendapatkan tempat yang tidak kalah eksotik dari segara anakan. ini berkat Noval yang nunjukin jalan ke anak-anak. Padahal awalnya kita udah pasrah aja kalo kemaleman di hutan, mana udah sore, kapal pun belum dikontak untuk jemput. ternyata memang penting untuk saling percaya dengan travelmate kita.
...ternyata memang penting
untuk saling percaya dengan travelmate kita...

(Komet, 2008)

Pantai tempat kita camp saya gak tau namanya apa. kalo boleh saya sebut namanya Noval Beach. hahahaha maho banget yak! no no saya namain aja pantai ini sebagai teluk badak. loh kok bisa? iya karena ada batu karang besar yang bentuknya seperti kepala badak di pojok pantai. Teluk badak ini memiliki tipikal pantai selatan pada umumnya; berombak besar karena terhubung langsung dengan samudera hindia dan memiliki banyak cadas karang. di pantainya sendiri banyak batu berlumut hijau terang dan kerang-kerangan yang bentuknya aneh nan cantik.

Teluk Badak

amazing! kita pun bermalam. malamnya hujan deras. tenda doom saya bocor. nightmare. ditambah lagi katanya arikur semalam ngelihat 'orang' di luar yang ngintip-ngintip, ghagha juga ngomong ada 'orang' yang iseng mbukain resleting tenda, padahal ghagha udah tutup itu jendela berkali-kali! kacoooo!

ini beberapa foto dengan background teluk badak, enjoooy!

Ryant dengan kerang barunya

Long-shot of Teluk badak

Benny dengan SLRnya


Aziz looking for kerang cantik

setelah hujan semalaman, pagi itu jadi sebuah pagi yang indah dan adem. pelangi pun ndak lupa nongol di antara bukit cadas di barat teluk. alhamdulillah, subhanallah. hmm mana ada di surabaya scenery kayak gini? hahaha

selebihnya kita pun pulang. sambil bawa oleh-oleh tubuh yang pegal. sampai malang ndak lupa kita mampir maem, apalagi sore itu jalanan hujan. mm, bingung milih tempat maem, akhirnya kita masuk ke warung nasi goreng bakar di sekitaran stasiun kota. cukup menarik, tapi rasanya masih diatas standar sedikit, mungkin bakal lebih maknyus kalo daging kambingnya juga ikut dibakar dan dicampur saat goreng nasinya. hehehe.

Nasi goreng bakar

oke gitu aja trip report kali ini. oke salam travelling!

gambar ini silahkan diklik untuk memperbesar,
lalu klik kanan pada gambar + save as...



NB:
-makasih buat Komet sama Ghagha yang udah jadi 'panitia' buat acara yang menyenangkan ini.
-suwun rek buat para peserta trip yang gokil pooll!
(aziz, pria, agung, ryant, benny, tomo, arikur, ruli, prima, imbrong, suhu, cino, ghagha, noval, koplo, rangga, terbit, dan komet)
-suwun buat imbrong atas olah digital fotonya yang maknyus:)
-kapan rek trevelling maneh? hahaha

15 comments:

aklam said...

oke oke!
saya mendapatkan sebuah koreksian:
kata-kata ini
"...ternyata memang penting untuk saling percaya dengan travelmate kita..."

adalah kata-kata komet saat saya ngobrol berdua dengannya. tapi lupa saya tulis. maaph gan. masih nyubi nih...

komet said...

saya KOMET Tuhan dari segala Makhluk Despro dengan ini menyatakan bahwa hamba saya yg bernama Ayos Purwoaji a.k.a Aklam Panyun telah mengakui kesalahan pada tulisannya dan bertaubat kepada saya....
tapi saya tidak akan menerima taubatnya dan meng-Adzabnya jika ia belum menulis kata"ternyata memang penting untuk saling percaya dengan travelmate kita".sebagai quotation atau Firman saya...
"IN KOMET WE TRUST"

aklam said...

sudah saya ganti gaaannn ampuuun

didut said...

cool traveling ...jadi memunculkan ide buat rencana traveling komunitas saya :D

thanks sob

Anonymous said...

bos...
tripnya lagi kapn???
gmn klo ke teluk ijo banyuwangi....mantep tu...
qt buat perbandingan ma segara anakan sempu.

kutunggu dudamu..eh ups..ups...maksudnya kutunggu jwabmu....

salam solid!!!

terbit setya, GM and CEO SOLID Co.

aklam said...

@didut
ehehe makasih mas, lha situ makanannya mengispirasi saya sejak dulu....

@terbit
travelling lagi, ayooooooohhhhh! hahahah

Anonymous said...

sempu ndak indah tanpa aku.....

Anonymous said...

nano....


kapan trip ke madura ?


si gemuk...

nano said...

madura next trip ?


====> si gemuk

zayn said...

maaaauuuuuuuuuu............!

aklam said...

@nano
hehehe iya sempu sepi tanpamu, lebih rame kalo ada nanonano, rame rasanya:)

@zayn
hehehe santai zayn, kita rancang trip bareng aja...

fitri said...

waaaaaahh... bagus banget.. yakin yos itu cuman di madura?? dr sini ke phi phi island sebenernya deket, cuman belum berhasil2 jg kesana. ntar deh tak kirimin fotonya klo dah sukses.

jadi pengen bikin trip juga ke madura. mumpung si masnya lagi disana, kqkqkqkq ;)

bondan said...

waaaa, jadi pengen kesana

lu klo ada rencana trip lagi kabar2in ya sapa tau daku bisa ikutan

aklam said...

@ nduk pitri
mbak, sempu itu bukan di madura, tapi di selatan malang. mbak ntar kalo dah sampe phi phi island bida difotoin gak? trus kita hifatlobrain siap menampung liputannya:)

@bondiy
woho santai bond, banyak waktu banyak tempat eksotik yang masih harus dikunjungi...

ophet said...

baru tw dr temend..ternyta benran kereen banget..
INA punya tuh..
bravo buat kalian

[phet]