Pages

2/8/09

Traveler 2.0

Travel is glamorous only in retrospect...
(Paul Theroux)

yaya, ini lagi tren sekarang: web 2.0 untuk para penikmat traveling!

apa maksudnya?
jadi begini, sekarang kalo kita mau traveling akan semakin mudah dan murah. hal itu sangat mungkin dilakukan apalagi dengan adanya bantuan internet. Pasti punya facebook kan? nah saat ini sudah tersedia beberapa situs pertemanan (social networking) untuk para traveler yang akan memudahkan kita untuk mencari teman, mendapatkan penginapan, mendapatkan makan gratis, bahkan hanya untuk melaporkan saat ini kita sedang apa sebgai bukti bahwa kita masih hidup! hehehe...

sebenernya masalah ini sudah dibahas dalam majalah NGI Traveler edisi pertama, sayangnya tidak ada perincian situs apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk kita-kita ini para penikmat traveling. nah di blog yang maknyus inilah saya akan sharing dengan rekan-rekan sekalian penggila traveling untuk memanfaatkan keberadaan web 2.0 untuk mempermudah perjalanan kita!

snapshoot situs travelersfortravelers.com

yang menurut saya paling highly reccomended adalah situs travelers for travelers (TFT), situs ini memungkinkan kita untuk mendapatkan teman yang mau 'menampung' kita para backpack yang kere ini:) namun konsekuensinya sebagai member kita juga harus bisa memberikan fasilitas kepada para backpacker lainnya yang akan berkunjung. Saat registrasi kita akan mendapatkan form berupa pertanyaan: apakah anda bisa menyediakan tempat tidur? apakah anda juga bisa menyediakan maem dan minum? apakah anda punya lat transportasi yang bisa dipinjam? kalo saya berkunjung kamu akan mengajak saya kemana? yaya seperti itulah ragam pertanyaanya.

fitur lain yang disediakan oleh TFT adalah forum diskusi, daftar destinasi wisata yang direkomendasikan, dan testimonial. cukup keren lah buat kita yang mau memulai untuk berbackpacking ria.

logo situs driftr.com

situs lain yang serupa adalah driftr, tampilannya lebih catchy seperti facebook. tapi saya belom jadi membernya, jadi saya ndak bisa kasih banyak review untuk driftr, apalagi situs ini juga masih beta, alias masih situs percobaan. tapi kalo dikelola dengan baik saya yakin driftr bakal jadi tren ke depannya.

snapshoot situs dopplr.com

sedangkan untuk anda yang merupakan tukang backpacking, alias selalu berpergian, anda bisa memanfaatkan layanan travel planner dari situs dopplr. Lewat situs ini juga anda bisa melaporkan keaadaan anda setiap waktu dengan menggunakan aplikasi twitter yang ada di henpon anda. Jadi buat yang ninggal anak-istri gak usah ragu untuk selalu memberikan kabar lewat dopplr. Dopplr juga merupakan situs yang menyediakan penawaran kepada dua orang atau lebih untuk traveling bareng. Foto-foto yang dihasilkan selama perjalanan pun bisa diupload ke dopplr, tapi untuk fitur yang satu ini saya belom tahu caranya. maaf ya...

snapshoot situs lonelyplanet.com

Selain dua situs diatas, ada beberapa situs yang sangat direkomendasikan unuk anda para pecinta ransel. situs-situs ini adalah rujukan yang cukup baik untuk tahu info destinasi wisata yang akan kita kunjungi. Salah satunya yang paling terkenal adalah situs lonely planet yang sudah menjadi rujukan wajib para traveler. Saya sendiri ngidam bukunya yang di periplus dijual empatratusribu huhuhu. rujukan lain yang cukup lengkap ada di situs wikitravel. reviewnya mulai dari tempat wisata sampe adat istiadat orang setempat.

snapshoot situs backpacker.com

kalo anda-anda sekalian mau mendapatkan tips-tips praktis dalam perjalanan silahkan dikunjungi situsnya backpacker magazine. situs ini langgangan saya untuk tau cara-cara praktis yang penting dalam perjalanan, misalkan gimana cara terbaik melindungi peralatan elektronik, cara dapet temen dengan sebuah cerita horor, ato beberapa teknik survival, dan beberapa cara untuk ngambil foto yang baik dalam perjalanan. desain situsnya juga cukup bagus.

Gathering IBP Surabaya di radio Trijaya

Oya, yang terakhir, ini penting dan menurut saya adalah salah satu aplikasi dari gaya travel 2.0 adalah: ikut milis para traveler! menurut saya ini penting banget karena seringkali banyak pengalaman-pengalaman berguna bisa dishare lewat mailing list. Kalo ada kesempatan gathering pun harus dmanfaatkan karena bakal banyak sesi sharing mengenai tips dan trik dalam berwisata. Kalo saya sendiri sih hingga saat in masih aktif ikut di milis Indobackpaker.

yaudah itu aja deh, selamat backpacking!

hifatlobrain

nb:
http://www.travelersfortravelers.com
http://www.dopplr.com
http://www.backpacker.com/skills/
http://www.lonelyplanet.com/
http://wikitravel.org/
http://nationalgeographic.com/traveler

5 comments:

Marco van de Kamp said...

He Thanks for your positive comments on our community travelersfortravelers! It is difficult for me to read, but great.. :)

didut said...

ke tekapeh

jeckedabitz said...

me too, i can't read your text, he2...kalo traveling mbok yo aku diajak mas aklam...GUD mar SO gud lah postinganne..
Narso not a crime!^_^

Pusat Komunikasi Arsitektur Untag said...

He Ayos........

did you forgeted about something in TFT ?
We have a wiqet and plugoo facilities in member profil area.....

TFT have booking mechanism with : TFT hostel, and the hostel sources from hostelworld, hoostelbookers and hostelclub.

It's great to be your friend in TFT, Ayos....

aklam said...

@ PKAU
oke will be correct soon! thanks for the correction! hehehe