Pages

3/27/09

Introducing Wedang Cor


Teks: Ayos Purwoaji
Foto: Wendra Ajistyatama


Dari dulu saya selalu bertanya-tanya, apa sih yang sangat khas dari Jember selain tape, suwar-suwir, dan JFC? Akhirnya setelah duapuluh tahun lebih menjadi orang Jember saya pun mampu menguak tabir itu satu persatu, hahaha. No no, saya cuman mau bilang kalo saya kemarin baru saja dikenalkan dengan wedang cor oleh beberapa teman.

Wedang cor sendiri disebut adalah satu-satunya minuman indigenous Jember. Endemik, tidak ada duanya di kota lain. Saya sendiri masih percaya ndak percaya. karena dari komposisinya tampak kalo minuman ini tidak seperti ramuan minuman purba lainnya layaknya temulawak, sinom, dan bir pletok.

Salah satu komposisi yang hadir dalam wedang cor adalah susu, nah susu ini kan barang modern, tapi mungkin saja jika sejak dulu kala orang jember sudah punya budaya minum susu. *mungkin itu sekaligus menjawab pertanyaan kuno saya; mengapa cowok Jember itu ganteng-ganteng? hehehe kabuuur*

Kalo saya coba pecahkan rasanya, wedang cor itu terdiri dari; susu, jahe, gula, dan tape ketan hitam. rasanya nano-nano, menghangatkan badan. tektur pedas jahe dan panasnya susu langsung lumer saat ditimpa dengan rasa tape ketan yang kayak sprite. uaneh pol pokoke.

Kalo menurut teman-teman saya di LPM Tegalboto yang suka minum wedang cor, katanya minuman ini hampir aja amblas ditelan zaman. saat ini saja di jember cuman ada beberapa warung yang menjual wedang cor. salah satu rasa yang paling original bisa ditemukan di warung wedang cor di daerah perhutani jember.

Uh saya kok jadi ketagihan wedang cor ya?
Nge-cor yuuk!

PS:
makasih buat teman-teman LPM Tegalboto yang saya kagumi; nuran, miko, mas wendra, mas romdhi. makasih mas wendra untuk fotonya.

11 comments:

anak semeru said...

bismillah...
niat insung ngomentari blog sing ciamik naudzubillah iki...
wedang cor...
bikin ngocor..
kayak ratu ngebor...
bin lambe nyocor..
sori kagak nyambung!
nyos..lu shabt gw yg produktif!
(produktif yg laen jg kali yak..)
sukses kawan!
atur nuhun....

fajjar_nuggraha said...

wah mas sekali2 ku diajak ke jember...
hehehe

D'Angel said...

moga wedang cor masih ada wkt aq main k jember...

aklam said...

@ anak semeru
ehhehe iya ditunggu liputannya boi!

@ fajjar
ayo ngomong thok koen iku...

@ nora
iyo ntar aku anterin ke warungnya kalo kamu amin ke jember...

asasino said...

wah.. bikin mabok gak yos?

Si Kotak Coklat said...

pokoke pas aku ke jember wajib di ajak ke wedang cor!

aklam said...

@ asasino
bikin mabuk sih nggak, bikin ketagihan iya...

@ nabun
hoho boleeeh, ramenya jam 10an naf...

didut said...

weh keknya aku skip ...gtak doyan susu ama jahe ..apalagi kl keduanya disatukan

noekriwil said...

enak gak sih yos?? kayak es pinggir jalan kertajaya gitu ada tape ketan hitamnya...hehehe

Romdhi said...

walah ternyata dirimu bikin laporan kunjungan toh. Ha ha ha...

aklam said...

@ romdhi
hehehe iya mas, new experience soalnya...