Pages

6/28/09

Sarangan Lake: Boating on the Wet Floor


Text and photo by Galih Setyo

________________________________________









Kontibutor
Galih Setyo adalah seorang penggiat alam bebas. Aktif di kegiatan kepanduan dan menyukai trekking. Motto hidupnya seperti anak pandu di seluruh dunia; a scout protects nature, a scout is joyfu
l! Sebagai seorang petualang dan fresh enjineer Galih bisa ditemui di blog pribadinya myscoutchemistry.wordpress.com.
________________________________________

Terakhir kali saya ke Telaga Sarangan sekitar enam tahun yang lalu, dalam sebuah studi tour yang diadakan ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) semasa saya SMA dulu. Tapi Telaga Sarangan memang belum banyak berubah, selain akses jalan yang sudah semaki bagus. Bahkan tampaknya juga telah dibangun sebuah jalan tembus melalui Cemoro Sewu menuju daerah wisata di Tawangmangu yang menyediakan panorama air terjun Grojogan Sewu. Tentu saja jalan lintas Cemoro Sewu ini sangat membantu para traveler yang ingin melakukan trip dari Sarangan di Magetan menuju Tawangmangu di Karanganyar.

Setalah enam tahun berselang akhirnya beberapa waktu yang lalu saya akhirnya bisa mengunjungi Sarangan lagi. Kali ini bukan dalam rangka KIR, tapi saya mengikuti rombongan Pramuka dari SMKN I dan SMK PGRI Bojonegoro saat mengadakan outbond. Sarangan memang salah satu tempat yang sangat asyik untuk mengadakan kegiatan alam bebas seperti outbond atau trekking. Udaranya yang segar dan dingin semakin bertambah indah dengan lanskap pegunungan yang bebas kontaminasi.

Telaga Sarangan yang juga dikenal sebagai Telaga Pasir ini terletak di kaki Gunung Lawu. Tepatnya di Kecamatan Plaosan, kira-kira 16 kilo arah barat Kota Magetan. Telaga yang luasnya 30 hektar dengan kedalaman 28 meter ini menawarkan banyak hal menarin yang bisa di ekplorasi bagi para traveler. Begitu banyak pilihan untuk menikmati keindahan Telaga Sarangan. Jalan kaki mengelilingi danau adalah cara terbaik! Dengan begitu berarti Anda memanjakan paru-paru dengan asupan oksigen segar khas pegunungan. Menjadi sehat? Itu pasti! Namun sayangnya itu juga merupakan cara tercepat untuk membuat kaki Anda gempor, kecuali telah meminum susu anti osteoporosis dosis dewa, hehehe.

Namun bagi Anda para traveler urban yang tidak mau capek berjalan mengelilingi telaga, bisa memanfaatkan jasa sewa kuda yang banyak terdapat di sana. Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam menikmati keindahan telaga, para hifatlobrainer juga bisa menggunakan jasa sewa speedboat dengan tarif 40 ribu sekali putaran. Tapi empatpuluh ribu itu mungkin akan terlihat percuma, kecepatan speedboat akan membawa Anda berkeliling danau dalam beberapa menit, seperti melakukan seluncur pada lantai basah. Cepat-tidak terasa-namun menyenangkan.

Bagi yang menginginkan jungle tracking, juga disediakan beberapa jalur trekking yang menarik di sebelah barat telaga, alurnya menyusuri indahnya kaki Gunung Lawu. Obyek wisata lain yang dapat ditemuka berupa air terjun Tirtosari, sekitar 3 kilometer dari telaga. Perjalanan menuju air terjun dengan ketinggian 20 meter ini juga sangat menarik; sembari menyusuri jalur irigasi, traveler akan disuguhi pemandangan kebun sayur dengan sistem terasering yang indah dengan latar perbukitan yang tinggi menjulang. Subhanallah.

Telaga Sarangan memiliki beberapa event penting yang diadakan setiap tahunnya; Labuh Sesaji pada Jumat Pon di bulan Sya'ban, Ledug Sura pada tanggal sakral 1 Muharram, dan pesta kembang api di malam pergantian tahun. Bagi Anda para pecinta kuliner, jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya sate kelinci Telaga Sarangan yang terkenal. Cukup dengan 6000 rupiah, para hifatlobrainer bisa menikmati 1 porsi sate kelinci yang maknyuss. Tekstur dagingnya pun tidak alot, sangat lembut.

Hifatlobrainer pun tidak perlu khawatir jika ingin membawa oleh-oleh. Ada banyak pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai jenis souvenir. Mulai dari kerajinan kerang, anyaman bambu, sampai rangkaian bunga edelweiss yang indahnya abadi itu.

How to get there:
Traveler dari kawasan Surabaya akan melewati jalur sebagai berikut: Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Nganjuk-Madiun/Ngawi-Magetan-Sarangan. Jika menggunakan moda transportasi umum Anda bisa mencari bis dari Bungurasih menuju Madiun, lalu lanjut menuju Magetan. Kalo pake Sumber Kencono jurusan Jogja juga bisa berhenti di Terminal Maospati, terus lanjut naik elf ke Sarangan.

Kalo gak salah sih ada bis jurusan Surabaya-Magetan namanya PO Indrapura. Tapi saya tidak tahu eksistensinya.

Sampai Sarangan juga banyak motel yang bisa menampung Anda para traveler kere. Motel dengan kamar yang lumayan bagus dihargai sekitar kurang dari duaratus ribu semalam. Tapi kalo lagi banyak duit dan mau pesta bujang mending nyewa vila saja :p

Okey, selamat mencoba….

6 comments:

Zayn Zesha said...

wah Sarangan......
sebagai penduduk "asli"...sepertinya saya berkewajiban mengingatkan agar tidak tertipu oleh sate kelinci.

nama boleh sate kelinci, tapi dagingnya belum tentu mengingat kelinci sudah hampir punah di Sarangan dan desa sekitarnya.

namun itu tidak mengurangi rasa bangga saya pada kampung halaman Ibu. eksotis....sungguh

aklam said...

makasih atas infonya om emal, sangat menarik.

emang kelinci yang disate masih liar ya? kok gak diternakkan aja? sampe punah gitu kan kasian...

Zayn Zesha said...

mungkin karena susah merawatnya.
jadi sekarang ini para penjual memakai sate ayam.....dengan teknik pem-bumbu-an dan teknik pem-bakara-an yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. jadilah sate kelinci.

bisa jadi juga karena mereka mampu menemukan teknik ini, ayam dirasa lebih murah daripada repot memelihara atau membeli kelinci yangn lebih mahal tentunya

lutfiana said...

ngomongin kelinci jadi inget Ibu dulu waktu hamil saya beliau ngidam sate kelinci di sarangan. bela-belain ke sarangan demi sate kelinci, ni jadinya anaknya kayak kelinci, loncat sana sini (apa bedanya sama Bekantan yak???)

Eiya, kapan lalu saya juga dari sana Gan, ngadem... duh jadi kangen sama sarangan

Anonymous said...

Sarangan...wahh jadi kangen..pengen pulang..Yach ngerjain TA

arnold said...

Hai, Salam Kenal
sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping, pembuatan dan penjualan tenda,
Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
email : tendakubandung@yahoo.com
thx..