Pages

5/10/10

Mois du Printemps de Mai


Setiap bulan Mei, orang Prancis akan berbahagia. Karena bulan kelima dalam penanggalan Masehi ini berarti musim semi tiba. Mois du printemps de mai, musim semi di bulan Mei, kata mereka. Setelahnya ladang-ladang anggur pun dipenuhi oleh buah bulat warna ungu tua, dan persediaan minuman hangat setahun kedepan mulai diproduksi.

Bulan Mei adalah bulan yang indah. Begitu juga yang kami -dua redaksi Hifatlobrain- rasakan. Kebetulan kok ya kami ini sama-sama lahir di bulan Mei. Mungkin itu adalah takdir Tuhan untuk menciptakan dua makhluk hedon penyuka traveling seperti kami. Born to be happy. Hahaha. Amien.

Pada bulan Mei 2010 ini kebahagiaan kami berlipat. Tentu saja ini berkat dukungan teman-teman sekalian pembaca Hifatlobrain yang cerdas. Di awal bulan ini kami kebanjiran kontribusi dengan corak yang sangat berbeda. Silahkan dicek list kontributor Hifatlobrain untuk bulan ini:

Seperti janji kami, Bondan Wahyutomo hadir dengan liputan spesial bertajuk riset kuliner. Laporan lengkapnya ditulis dalam artikel Mie Ayam Around Djogja, sebuah riset dengan gaya bahasa populer nan gayeng. Semoga model peliputan seperti ini bisa menjadi pemantik tren peliputan riset kuliner untuk Hifatlobrain ke depannya. Saking berharganya liputan ini bahkan kami -redaksi Hifatlobrain- sampai harus membuat satu rubrikasi baru dengan tag Riset Kuliner. Ini benar-benar terobosan! Kalo biasanya orang hanya mereview satu tempat atau satu makanan saja, ini langsung borongan. Wedian bukan. Hasilnya, Bondan sampai mengaku pernah sakit perut tiga hari karena kebanyakan makan mie ayam! Hahahaha. Tapi sebagai gantinya, kami buatkan sebuah illustrasi sederhana untuk kover postingannya. Digambar langsung oleh editor Hifatlobrain, Ayos Purwoaji. Meski tidak bagus-bagus amat sih. Hehehe.

Perjalanan penuh berkah dijalani oleh Dwi Putri dalam menyusuri Big City yang bernama Kotagede, Jogja. Tidak perlu diragukan lagi kualitas tulisan Putri yang sudah berkali-kali lolos editing untuk masuk ke Hifatlobrain. Kali ini tulisannya semakin bernas dan renyah. Pengalamannya mencoba coklat Monggo dan minuman aneh limun Sarsaparilla juga asyik untuk diikuti.

Bagaimana rasanya menaiki bus dengan sopir yang terobsesi F1? Hoho Agustinus Hendra menceritakan pengalaman menariknya dalam artikel Highway To Hell. Bercerita tentang kejar-kejaran bis di jalur sempit Probolinggo-Surabaya yang penuh pesona. Artikel ini sebelumnya merupakan notes Agustinus di Facebook. Karena ditulis dengan detail yang sempurna dan kesungguhan hati maka artikel ini kami anggap layak untuk masuk ke Hifatlobrain. Oh ya, secara khusus Agustinus juga menyumbangkan kover dengan ilustrasi menarik tentang balapan bis dalam artikelnya untuk Hifatlobrainers sekalian.

Apa yang akan Anda lakukan jika saat kemping nyamuk-nyamuk setempat menjadi musuh terbesar dan melakukan teror semalaman? Bunuh diri? Oh Anda salah besar, simak saja solusi cerdik dari pemuda bernama Condro Priyoaji dalam artikelnya berjudul El Mosquitos En Sempu. Gaya bertuturnya yang spontan khas anak SMA menjadikan artikel ini istimewa. Unfortunately, Condro ini adalah adik dari editor Hifatlobrain.

Bandung adalah kota romantis yang akan meninggalkan banyak kenangan. Simak saja penuturan Augene dalam Bandung Impression yang ciamik. Perjalanan perdananya mengunjungi kota kembang ini tertuang dengan cukup baik ditambah bonus beberapa gambar hasil jepretannya. Jujur saja Augene mengirim banyak sekali gambar ke meja redaksi, ada empat folder. Tetapi kami kurasi untuk memenuhi standar artikel di Hifatlobrain.

Dari banyak kontribusi tersebut kami meyakini bahwa pembaca adalah faktor penting dalam membangun sebuah blog. Hifatlobrain memang tidak setenar blog lain, tapi jujur saja, kami memiliki pembaca militan yang cerdas. Kami sudah pernah membuktikan hal tersebut. Dulu pernah ada artikel yang berjudul Bulgarian Rose, tentang perjalanan Surip Mawardi mengunjungi Bulgaria. Karena ada sebuah kesalahan berupa penulisan bahwa Bulgaria adalah bekas jajahan Sovyet, akhirnya memantik banyak komentar cerdas untuk ditindak lanjuti:

"...Uni Sovyet tidak pernah menjajah negara manapun di Eropa Timur. Yang ada hanya penumpasan gerakan-gerakan demokratis seperti yang terjadi pada hungarian uprising dan prague spring di Cekoslovakia..."
(Pratama Yoga Nugroho, hifatlobrainers)

Itu baru satu contoh, masih banyak contoh lain yang menunjukkan kedahsyatan pembaca Hifatlobrain. Maka dari itu, saat para pembaca merasa tidak nyaman dengan theme yang kami gunakan beberapa saat lalu, kami pun menggantinya, kembali ke model lama yang konservatif namun enak dibaca. Saya mengajak kalian semua pembaca Hifatlobrain untuk berteriak: Hail Hifatlobrainers!

Keep on traveling way,

Editor-in-chief
Hifatlobrain

PS:
Sedikit tambahan, ada artikel menarik yang ditulis oleh Yunaidi Joepoet di blognya tentang Hifatlobrain. Dia -dengan caranya sendiri- mendeskripsikan Hifatlobrain seperti ini:
"...Blog yang berisi destinasi menarik tentang wisata di Indonesia dengan gaya tulisan yang nge"Gue" sekali..."
silahkan lihat reviewnya.

2 comments:

fajjar_nuggraha said...

thanks gan updatenya..jadi ada bahan bacaan yang menarik dan menghibur..

beasiswa s2 said...

Salam kenal dari mahasiswa yogyakarta, mari kita tingkatkan dunia pendidikan di Indonesia, melalui media blog ini, hendaknya kita tingkatkan mutu dan kualitas manusianya, semoga tulisan anda yang bermanfaat ini dapat digunakan dengan baik oleh siapapun dgn menjunjung tinggi dan menghormati hak cipta.