Pages

5/15/10

Anak Jaman Sekarang

O.. mbiyen aku yen dolan tekan adoh. Yo.. setinan.. yo playon. Pokoke enak lah. Ora koyok saiki. Bocah-bocah dolanane kabeh soko plastik. Methu sithik soko omah wes akeh motor. Ngegirisi.

(O.. dulu saya kalau bermain sampai jauh. Ya.. bermain kelereng.. ya bermain kejar-kejaran. Pokoknya enak lah. Tidak seperti sekarang ini. Anak-anak mainannya dari plastik semua. Keluar sedikit dari rumah sudah banyak motor. Mengkhawatirkan.)

Wawancara dengan Bapak Tukiman 4/6/2004

Disadur dari jurnal Radjimo Sastro Wijono dengan judul Pemukiman Rakyat di Semarang Abad XX: Ada Kampung Ramah Anak. Dalam buku Kota Lama Kota Baru, Sejarah Kota-kota di Indonesia.

8 comments:

wuRy said...

miris sekali

wuRy said...

miris

Ayos Purwoaji said...

iya wury, realitas saat ini :)

Yunaidi Joepoet said...

Zaman dulu tengah hari dibawah terik masih bisa main layang-layang tapi zaman sekarang tengah hari bolong anak-anak pada duduk diruangan ber AC melototin layar PC main Game Online Mas Ayos :)

Ayos Purwoaji said...

hehe iya yud, padahal daripada main PC lebih baik traveling :)

Tomy DG said...

Yos, game di PC itu kan wayang juga toh, shadow play juga, cuma teknologinya yg beda. Sama kayak main helikopter pake remote control, itu layang2 juga, teknologinya aja yg beda. Harganya memang beda jauh, krn pengetahuan untuk bikinnya msh blm masal sampe ke desa2. Ojo kuatir berlebihan, dolanan modern iku awale memang menyaingi dolanan tradisional, tapi akhirnya bakal menyandingi. tradisionalisme bersa(nd)ing dengan modernisme, wajar2 aja toh? Blog, seperti Hifatlobrain ini, kan juga bentuk modern dari mading dan kelanjutan dari prasasti toh, hehehe..

Galih S Putro said...

Daripada main PC mending ikut Pramuka...hahahaha

Ayos Purwoaji said...

@ tommy: hehe iya. sayangnya anak yang udah kecanduan game online jadi malas mengenal mainan tradisional. jadi saya pikir kata bersanding -untuk sepuluh tahun ke depan sekalipun- tidak tepat mas. hehe. IMHO.

@ Galih: setuju banget mas. Scout is joy, scout is fun.