Pages

7/21/10

DetikCom Keliling Indonesia

Just spoiler. Will be updated soon.

"Hello people from around the entire world, come to the islands of Mentawai quickly, right now the Mentawai are still alive. I'm still alive. But when I die, you will not see my culture any more..."

(Bajak Lala, seorang dukun Mentawai yang masih hidup, diambil dari film The Mentawai)

"Keliling dunia itu biasa, keliling Indonesia itu luar biasa," kata bapakku...

(Ardi Wilda, dalam sebuah pesan pendeknya)

Apakah Anda masih punya tenaga untuk mengeksplor Indonesia? Jangan loyo, jangan letoy, karena perusahaan news online terkemuka, DetikCom akan membuat acara yang maknyus abis. Membiayai para penulis dan fotografer muda untuk berkeliling Indonesia secara gratis! Wedian bukan.

Jujur saja, ini acara yang sangat keren. Di zaman merebaknya traveler 2.0 seperti hari ini memang sangat cocok untuk dibuatkan acara kayak gini.

Biarkan anak-anak muda keluar dari rumah, menikmati indahnya Indonesia, lalu menulis dan berbagi melalui media maya. Secara perlahan virus ini akan menular, sangat sederhana namun efektif luar biasa.

Beruntunglah Anda para Hifatlobrainers! Kami akan memberikan bocoran acara keren ini sebelum waktunya. Sejatinya segala pengumuman dan ketentuan baru akan diposting di situs DetikCom pada 26 Juli. Tapi sebagai sebuah blog perjalanan yang naujubila kerennya, kami diberi kesempatan untuk memberikan buzz advertorial lebih dulu. Hehehe.

Saat melihat file itinerary yang dikirimkan, jujur saja jantung saya berdegup kencang, liur saya menetes perlahan namun teratur. Saya melihat ada 33 itinerary perjalanan yang dibagi dalam empat cluster meliputi seluruh daerah di Nusantara. Semuanya sudah dirancang sedemikian rupa dengan sangat rinci dan hati-hati. Semuanya adalah jalur-jalur keren yang melewati berbagai destinasi menarik dengan pesona beragam.

Itinerary nomor empat misalnya: dari Bukittinggi Anda akan diajak touring melintas Padang, menuju Pulau Sikuai, lalu bolak-balik Pulau Sipura dan Pulau Pagai. Trip selama empatbelas hari ini akan berakhir di Siberut, itu berarti Anda akan memiliki kesempatan menemui suku Mentawai, suku eksotik hampir punah yang memiliki tradisi tatoo paling tua di dunia! Ini adalah perjalanan impian saya.

Mentawai women in Sumatra file their teeth to sharp points. (Courtesy of National Geographic)

Itinerary nomor 17 juga tak kalah menggiurkan: Dengan pesawat Anda akan mendarat dengan selamat di Bandara Wai Oti, Maumere. Lantas melanjutkan perjalanan melintas Moni, Bajawa -daerah ini sangat terkenal dengan kopi Floresnya yang enak, melewati Labuhanbajo, lantas berlayar ke Pulau Komodo. Siapkan kamera dengan lensa tele untuk mengabadikan pertemuan Anda dengan naga raksasa yang masih hidup ini. Lantas melanjutkan perjalanan ke Pulau Sumba, melintas Tambolaka, berhenti di Waikabubak -ini adalah daerah impian saya, karena konon memiliki pantai sekeren Kepulauan Capri, Italia. Perjalanan ini berakhir di Waingapu. Saat di Maumere Anda akan dibawa ke Larantuka hingga Pulau Solor. Pernah tahu tradisi suku Bajau yang berburu paus? Anda akan mendapatinya di Lamalera, tidak jauh dari Larantuka.

Komodo National Park is the last sanctuary for the endemic Komodo dragon, native only to Indonesia. Largest of all lizards, it can reach a fearsome ten feet (three meters) in length. (Courtesy of National Geographic)

Pada itinerary 21: Anda akan menjadi orang beruntung yang bebas mengeksplor bumi Papua habis-habisan. Trip selama 20 hari ini dirancang agar Anda melewati Sorong, Manokwari -kota yang terletak di atas kepala burung, Ransiki, Bintuni, Fak Fak, menuju Pulau Misool lalu Anda akan menikmati sailing melewati kepulauan Raja Ampat -salah satu gugusan pulau paling indah di dunia dengan keragaman hayati paling kaya di dunia- menuju Pulau Waigeo dan kebali ke Sorong. Ya Tuhaaan. Jangan lupa siapkan linting tembakau yang banyak untuk menyogok suku pedalaman Papua agar mau difoto.

The islands of Raja Ampat may well be home to the greatest biodiversity in the world, with almost 600 species of coral, abundant plant life, and unique creatures, such as a shark that walks on its fins and a shrimp that looks like a praying mantis. (Courtesy of National Geographic)

Tiny Batbitim—part of a mostly uninhabited karst archipelago northwest of West Papua—is home to great schools of giant tuna and mobula rays hunting shimmering clouds of anchovies. (Courtesy of National Geographic)

Itinerary lain tidak kalah menggiurkan: Pulau Moyo, Pulau Weh, Danau Toba, Natuna, Ubud, Gunung Tambora, Atambua, Pulau Buru, Kepulauan Aru, Pulau Padaido, Ternate, Bunaken, Makassar hingga Pantai Bira.

Itu beberapa spoiler itinerary yang akan disuguhkan kepada peserta yang lolos screening kegiatan ini. Maaf saya tidak bisa memberikan rincian itinerarynya karena bersifat confidential. dan masih terus diadakan evaluasi serta perbaikan. Semoga nanti para panitia bersedia membagi booklet resminya lewat situs DetikCom.

Anyway seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, ini merupakan kompetisi yang harus diperebutkan. Diperkirakan ada sekitar 50.000 registrant yang akan mendaftar, WTF. Dari jumlah yang seperti mata uang dengan gambar pak Harto mesem ini, kemudian dikerucutkan menjadi kira-kira 1000 orang semifinalis. Pemadatan ini dilakukan oleh sebuah komite yang entah siapa saja orangnya. Bisa jadi salah satunya om Don Hasman, eksplorer tua yang sangat berpengalaman itu.

Dari 1000 orang tersebut, akan dilakukan interview langsung untuk akhirnya diambil 62 finalis. Jumlah ini lantas dibagi menjadi 31 tim (satu tim dua orang) yang akan disebar di seluruh Indonesia dengan itinerary yang berbeda satu sama lain. Berdoalah semoga dapat itinerary yang menjadi dambaan Anda. Pokoknya jangan sampai bermimpi dapat itineray nomor 10 karena dijamin Anda hanya akan berputar-putar sekitar Kemang-Tanah Abang dan pol-polan hanya sampai Pulau Seribu. Hahaha. Kalo sampe dapet ya berarti kamu kurang zakat. Maka dari itu perbanyaklah amal soleh anak muda.

Saat melakukan registrasi secara online, maka lengkapilah data diri Anda: umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, pekerjaan, tempat lahir, dan pendidikan, dan lain sebagainya. Salah satu yang akan menjadi pertimbangan penting adalah personal skill.

Kemampuan pribadi ini sebetulnya tidak dibahas spesifik. Namun karena ini adalah acara DetikCom, dan Anda dibayar jalan-jalan tidak hanya sekedar haha-hihi seperti acara Wara-Wiri atau Celebrity On Vacation, maka saya pikir setidaknya Anda harus bisa menulis dan fotografi. Dua hal ini -menurut saya- adalah kemampuan yang mendasar. Selebihnya, seperti diving, trekking, shooting, dan sebagainya menjadi poin tambahan.

Menurut draft yang saya terima, pengalaman menarik Anda selama traveling nanti harus ditampilkan dalam format tulisan dan foto yang indah. Ini semua adalah usaha luar biasa dari DetikCom untuk mempromosikan Indonesia. Salute!

Maka silahkan berkompetisi mendapatkan sponsor berkelililing Indonesia secara gratis. Saran saya: silahkan apdet blogmu, atau menulislah catatan perjalanan yang keren untuk Hifatlobrain, perbanyaklah portofolio fotografimu terutama yang berhubungan dengan wisata tanah air baik kuliner-budaya-atau-alam, perbanyaklah membaca, mulai rajin olahraga, belilah baterai kamera cadangan, belilah sleeping bag, pamitlah pada orang tua, rajin bersedekah kepada yang membutuhkan, dan yang paling penting kerena ini acara untuk traveler 2.0 maka buatlah akun twitter, flickr, blogger, tumblr, wordpress, facebook, youtube, vimeo, CS, Kaskus atau apapun agar kamu bisa share ke seluruh jagad bahwa: INDONESIA ITU LUAR BIASA INDAH! []

12 comments:

oktavianbagus said...

hajaar INDONESIAA!!!!
:)))

Art said...

GAGAL PERTAMAX.
SiPPP lahhh...
tau aja saya kurang jalan2 XD

Grazie, Signor ;)

Ayos Purwoaji said...

@ pipin: hajarrr pinnnn!
@ tika: ayo tik, pack your back!

awe said...

asem, quote bapakku dicuplik barang, isin je

*wanwan said...

oh. Ini mirip ama world nomad bro..

goban said...

terima kasih atas informasinya ya mas

Giri Prasetyo said...

ikut ah....sapa tau nyantol....;)

seniman vertex said...

http://aci.detik.com/
ayo2 pendaftaran sudah dibuka..
silahkan... :D

Ajeng said...

Gileeee, bikin ngiler aja Yos! :))

musim said...

BEUuuuh...Dahsyat ini teh infona, tapi kayanya saingan terberatnya pengasuh blog ini euy,hehehe...^_^v

didut said...

SAYA SUDAH BERDOAAAAA :))

mumum said...

Bapak anda sangat bijaksana :)