Pages

1/13/11

In The Train

Sudah lama saya jatuh cinta sama kereta. Nggak tau kenapa. Kayaknya ini moda transportasi paling melankolis yang pernah saya temui setelah sepeda onthel dan dokar. Saat naik kereta, saya merasakan sebuah kenangan yang aneh ketika mendengar suara ban besi beradu kuat dengan rel, ketika menelan ludah melihat penjaja makanan hilir mudik, ketika menikmati bau ketiak orang-orang menguap memenuhi gerbong, dan ketika wajah-wajah kuyu kami saling berpandangan.

Sangat mungkin pemikiran saya ini dipengaruhi oleh esai panjang Paul Theroux di National Geographic tentang kisah perjalanannya melintas India menggunakan kereta uap. Sangat indah dan menggugah, apalagi dihiasi oleh foto-foto keren dari Steve McCurry idola saya.

Sedangkan National Geographic Traveler Indonesia sendiri sudah beberapa kali menurunkan liputan lengkap tentang kereta api.

Saya punya pemikiran untuk membuat feature panjang tentang kereta api dengan sahabat sekaligus teman berdiskusi saya, Islahudin Hilal. Semoga terwujud dalam waktu dekat. Jadi mulai sekarang saya akan mengumpulkan berbagai koleksi lawas saya tentang kehidupan di dalam kereta. Dan ini beberapa diantaranya, selamat menikmati :)

6 comments:

Hilmy Nugraha said...

hidup railfans!

kalo saya suka bis dan sepeda mas. hehe

Tekno aka Bolang said...

sama bos saya juga suka benget kretaan..tapi tuntutan karier harus sering di pesawat he he..poto2ne apik..Humanis banget..dan Indonesia banget

nyobinulis said...

MANTAPP...

nyobinulis said...

MANTAPP...

farhaniza said...

iya bener banget,, kereta punya banyak cerita di dalamnya, cuma dikereta (komuter jakarta) saya liat ibu-bapak pedagang saling ng-take tempat buat temennya, terus ngobrol curhat sepanjang jalan sampai tujuan. terus berulang setiap harinya. Indonesia banget!!

farhaniza said...

uoohh,, iya saya juga suka banget liat fenomena di kereta. kalo cerita kereta komuter jakarta-bogor, banyak penumpangnya udah saling kenal karena keseringan ketemu di kereta, curhat di sepanjang jalan, suka lucu kalo kedengeran. Ramah. Indonesia banget!