Pages

3/1/11

Fotokita Award 2011

Kemarin iseng-iseng saya ke pasar loak di Jalan Semarang, Surabaya yang khusus berjualan buku-buku bekas. Saya membeli beberapa buku dan majalah, salah satunya buku lawas berjudul 'Ledakan Penduduk' karangan Paul R Ehrlich. Kitab usang terbitan tahun 1981 ini ternyata masih -dan semakin- aktual untuk menjadi wacana diskusi hari ini. Ehrlich meramalkan; jika manusia sudah mencapai julah 60 milyar, maka dibutuhkan sebuah bangunan raksasa seluas bumi dengan ketinggian 2000 lantai untuk menampung seluruh populasi manusia yang ada.


Parahnya, National Geographic meramalkan jumlah itu tercapai tidak lama lagi, karena pada 2045 jumlah penduduk dunia ada sekitar 9 milyar jiwa menurut prediksi PBB, bahkan bisa lebih banyak jika memang populasi beranak pinak seperti deret ukur. Mengerikan bukan?

Populasi sendiri menjadi tema besar yang diusung National Geographic Indonesia(NGI) tahun ini. Melalui serangkaian artikel dengan tema terkait populasi sepanjang 2011, NGI berupaya membuka jendela kesadaran kita akan tantangan dan peluang dari pertumbuhan populasi manusia.

Untuk menyemarakkan tema besar ini, NGI juga menyelenggarakan Fotokita Award, sebuah kontes foto online prestisius yang bisa diikuti oleh semua kalangan, tanpa biaya apa pun. Fotokita Award berlangsung sepanjang 2011, dibagi menjadi beberapa periode penjurian.

Ikutilah lomba. Bacalah artikel-artikel tentang populasi di majalah NGI, simaklah foto-fotonya, dan dapatkan inspirasi untuk merekam jejak populasi kita di lingkungan kita sendiri dengan kamera Anda! Lihat aturan lomba untuk informasi lebih detail dengan menuju link di bawah ini:

http://bit.ly/FKaward

Selamat berkompetisi!

2 comments:

adi said...

Bumi tambah rame....

riadhea's room said...

bagus banget koleksi foto2nya.
Bener2 menari dan ekspresif. Obyek yang biasa seakan2 jadi luar biasa. Padahal obyeknya kita jumpai sehari-hari.

Semakin bersemangat nulis blog setelah mengikuti seminar blog time plus plus tadi.
Tapi kok ya sulit banget menghilangkan rasa malas melanjutkan tulisan di blog dan pada akhirnya hanya jadi draft hehehehehe

Silahkan mampir ke blog saya hihihihi.

Salam
ria dhea-statistika ITS