Pages

3/16/11

Visit Indonesia, Comrade!

Photos courtesy of Kompas (1) and Embassy of Cuba in Indonesia (2 & 3)

Ini sebetulnya sudah lama, tentang sebuah foto menarik saat Che Guevara berkunjung ke Candi Borobudur. Seperti sebuah pertemuan agung antara dua timeless icon, namun tidak banyak diketahui orang. Ini adalah koleksi foto milik Kompas yang dipamerkan dalam acara "From Indonesia with Love" setahun yang lalu. Acara ini dilaksanakan untuk memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Kuba.

Saya sengaja memposting koleksi lawas ini karena beberapa hal. Pertama, beberapa hari yang lalu saya melihat sebuah video travel dokumenter tentang Kuba yang dibuat dengan sangat keren dan menarik. Sang dokumentarian tidak saja mengambil gambar tentang keindahan Pantai Havana dan muscle car bobrok yang bertebaran di seluruh kota. Namun ia -dengan sangat baik- mengambil gairah warga Kuba yang suka menari-nari sepanjang hari. Saya jadi ingat film Dirty Dancing yang klasik itu. Parahnya lagi, video ini diedit dengan memberikan kesan vintage dengan warna-warna kontras khas kamera lomo, oh God! Saya jadi pengen ke Kuba dan kulakan cerutu di sana...

Kedua, saya jadi ingat foto ini karena seorang editor majalah travel yang saya kenal memajang foto ini di wall photo Facebook miliknya. Dia suka sekali dengan foto ini. Semacam rare moment yang nggak bakal terulang meskipun Obama dan Khaddafi bebarengan mengunjungi Pulau Komodo. Hehehe.

Ketiga, yaa kali aja diantara jutaan pembaca setia Hifatlobrain masih ada yang belum tahu kalo pada 12 Juni 1959, belum genap enam bulan sesudah Revolusi Kuba meraih kemenangan, Castro mengutus Che selama tiga bulan untuk mengunjungi 14 negara Asia, kebanyakan negara peserta Konferensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955. Pada rentang tiga bulan inilah Che berkunjung ke Jakarta dan menyempatkan diri ke Borobudur.

Gitu aja deh, jadi thanks for visit, Comrade!

8 comments:

seniman vertex said...

nice inpoh
Aye aye Sir...

Ayos Purwoaji said...

@ mas Jeri: You're pertamax comrade!

Seat Vacations said...

Keren bgt fotonya!!

Saiful Azhar said...

wow baru tau gw...thanks buat sharingnya ya

lembaranpung said...

Asoy nih info dan postingannya.
Btw, kalau Subcomandante Marcos pernah ke Prambanan ngga ya? ehehe

Ayos Purwoaji said...

@lembaranpung: Subcomandante Marcos mungkin pergi ke TMII, "Kora-kora adalah senjata!" hahaha

kebogiraz said...

kalo obama sama khadaffi pergi ke pulau komodo berarti:
1. tanah bagian mana yang akan dibeli?
2. indonesia adalah poros dua kutub ideologi paling berseberangan sepanjang sejarah
wkwkwk...

Ayos Purwoaji said...

@ mas Kebogiraz: Yo indonesia iku nasakom jeh! Yoopo gak hebat jeh :))