Pages

4/23/11

Book's Day Out 2011

Photo courtesy of C2O Library

Text by Anitha Silvia and Ayos Purwoaji

Di Surabaya, kita kerap mendengar keluhan minimnya keberadaan tempat-tempat yang menyediakan buku, media dan informasi lainnya. Jika diamati, tempat-tempat itu sebenarnya ada, bahkan tumbuh semakin banyak dalam 2-3 tahun terakhir dalam bentuk taman baca, perpustakaan, toko buku, penerbit, dan lain sebagainya. Sayangnya, informasi keberadaan masing-masing tempat masih cenderung tidak tersosialisasi dengan baik.

Sebagai langkah awal, Kami ingin membuat sebuah peta kota Surabaya yang dapat menunjukkan lokasi tempat-tempat yang berhubungan dengan buku di Surabaya. Di sini, tempat yang dimaksud bisa jadi perpustakaan, taman baca, lembaga dengan perpustakaan yang terbuka untuk umum, toko buku, penerbit, penulis, dan lain sebagainya. Harapan kami, peta ini dapat membantu kita untuk setidaknya mengetahui keberadaan dan mendorong kolaborasi pegiat-pegiat buku, literasi dan budaya di Surabaya dengan masyarakat sekitarnya.

Peta ini akan dibuat dalam bentuk kertas yang dapat dibawa ke mana-mana sebagai panduan berisi peta, alamat, dan informasi masing-masing tempat. Selain itu, juga akan dibuat versi online di google maps untuk memudahkan kolaborasi dan update informasi.

Dengan begitu, peta ini akan menjadi projek yang akan terus berkelanjutan dan diperbaharui dengan munculnya tempat-tempat dan informasi baru.


Lihat petanya di: http://bit.ly/petabukusby

Kami membayangkan nanti Kota Surabaya bisa mengembangkan jenis wisata berupa literary tourism, sebuah konsep wisata ala kutu buku yang ingin berburu surga penuh kitab. Sebetulnya, ini bukan konsep baru di luar negeri, karena di Eropa dan Amerika sudah berkembang konsep literary traveler, sebuah sebutan bagi pejalan yang suka melakukan napak tilas ala novel atau berburu buku di sebuah destinasi.

C2O dan Kampoeng Ilmu adalah salah dua destinasi penting bagi literary traveler yang sedang berkunjung ke Surabaya. Ada banyak buku bagus yang bisa kita temukan di dalam bangunan kuno C2O, atmosfer penuh ilmu meruap diantara tumpukan kitab dan bau kertas lawas. Sedangkan Kampoeng Ilmu adalah sejenis flea market yang menjual buku-buku bekas dan paket latihan Ebtanas seperti Kwitang di Jakarta dan Shopping di Jogja.

Bagi yang berminat dan ingin tahu lebih jauh, silahkan datang pada acara Book's Day Out 2011 yang diadakan oleh perpustakaan C2O dan bergembiralah! Ada pula pameran "Postcards From Bookworms" yang menampilkan karya berbagai jenis postcard aneh buatan tangan yang dibuat oleh para kutu buku. Salah satu yang paling menarik menurut saya adalah kartupos dengan tema Henri Matisse, seorang seniman besar yang menciptakan aliran Matisse Art. Kartupos Matisse ini dibuat oleh Simon Hureau, seorang komikus Prancis yang sempat residensi di Surabaya. Gambarnya oh so lovely...

Project postcard from bookworm ini masih terus berlangsung. Untuk gambar postcard lainnya silahkan menuju tumblr mereka. Keren-keren.

Hari kedua pesta kutu buku ini masih saja seru. Ada setumpuk buku diatas meja yang di-swap. Ini semacam metode tukar buku random yang unik. Kau silahkan datang dengan buku apa saja koleksimu yang sudah kuno, lalu taruh di atas meja, dan silahkan ambil buku apa saja yang kau sukai di atas meja. Kau beri satu, kau ambil satu. Seru kan. Bahkan ada yang rela menukar kitab babon "Pengantar Antropologi" milik Koentjaraningrat untuk sebuah novel grafis atau membawa setumpuk komik untuk ditukar komik lainnya.

Woho intinya, hail the magnificient bookworm!


3 comments:

galih s putro said...

wahhh....saya suka sekali posting yang ini...
hmm...kapan2 bisa jd rujukan kalau mampir ke sby....

muda berani dan berbahaya said...

asiik banget!

Tha_tha said...

waaa... sangat disayangkan... saya bru liat skrg... kapan ada lagi pamerannya??? ditunggu yaa,,,makasihh:)