Pages

4/10/11

Weekend Tanpa Ke Mal



"Kita pernah tuh, long weekend jalan pake mobil gitu, per orang cuma habis 150 ribu bo! Libur tiga hari padahal. Bayangin uang segitu kita bawa ke mal, paling habis buat nonton, makan sama transport aja kan..."
(Umi Akhdadiyah)

Beberapa waktu yang lalu, saat saya bercengkerama di sudut Bandara Soekarno-Hatta, Mas Tekno Bolang mengutarakan keinginannya untuk membuat sebuah charity project berupa "foto keluarga" bagi masyarakat miskin. Saat dijelaskan sekilas, saya langsung bisa menangkap bahwa ini adalah sebuah ide yang luar biasa. "Kan banyak juga Yos, keluarga tidak mampu yang ndak bisa pergi ke studio untuk bikin foto keluarga," kata Mas Tekno menjelaskan latar belakang project itu,"Toh mumpung aku bisa motret, buat amal lah, hehehe."

Ternyata ini adalah sebuah project menyenangkan yang dibalut dengan acara jalan-jalan. Mereka ini, adalah segerombolan orang yang memiliki gerakan "Weekend Tanpa Ke Mal" yang melegenda itu. Ketuanya adalah teman saya sendiri, Saiful Azhar, seorang petualang tanggung yang juga anak ACI. Hampir setiap minggu kelompok ini punya acara-acara kreatif yang bisa menjadi alternatif warga ibukota untuk melewati weekend tanpa harus masuk mal.

Beruntung kegiatan ini diliput oleh SCTV, sehingga saya berharap semakin banyak masyarakat urban Jakarta yang mau menghabiskan waktu luangnya di akhir minggu tidak hanya dengan sekedar ngeceng dan nonton di mal.

Saya mendadak jadi salut dengan kakak-kakak saya ini. Mereka mampu menerjemahkan ide yang sederhana menjadi kegiatan yang luar biasa. Apalagi mereka dengan istiqomah melakoni kegiatan ini sejak tahun 2009. Saya masih terus mengikuti berbagai inovasi yang mereka ciptakan. Kadang mupeng juga lihat itinerary mereka yang aneh-aneh, seperti bikin keramik, ke museum, atau birdwatching. Saya masih belum menemukan gerakan serupa yang ada di Surabaya, selain kegiatan-kegiatan dari kelompok Jejak Petjinan.

Anyway salut buat kakak-kakak di Weekend Tanpa Ke Mal! Kapan-kapan saya ikutan yaaaa!

7 comments:

Tekno a.k.a Bolang said...

Masih banyak yang bisa di lakukan disaat Wiken walaupun tanpa ke Mall..

Art said...

Wahh..salut buat mas dan mbak-nya.
Permisi mau nyontek ide foto keluarga gratis-nya ya?

Saya bukan tipe petualang soalnya. jalan-jalan kalau lagi galau aja..itupun nggak bisa jauh2 dari Surabaya.

Salam kenal ya? ;)

dansapar said...

saya juga salut dgn kakak2 saya di weekend tanpa ke mall
:)

bahkan sampe bikin buku kumpulan sajak lho ...

keren

jak jaki said...

mas, dulu pernah ada proyek mall rock trip, kelanjutanyya gimana tuh ? kayaknya seru tuh kalo jadi

Dwi Putri Ratnasari said...

Woow nice!!!! Weekend tanpa ke Mal sepertinya cocok buat saya yang kere dan takut dipalak sama Mr. Pancake di Tunjungan Plaza...

Umi said...

eh baru baca.. terima kasih udah menulis tentang 'Wiken Tanpa ke Mall'

jadi teman kami di
FB : Wiken Tanpa ke Mall
Twitter : @wikentanpamall

-umi-

Umi said...

eh baru baca, terima kasih udah menulis tentang 'Wiken Tanpa ke Mall'

silahkan jadi temen kami di :
FB : Wiken Tanpa ke Mall
Twitter : @wikentanpamall

ditunguuu,
-umi-