Pages

5/15/11

The Surabaya Playgrounds

"at The Bottom of Tugu Pahlawan" by Ayos Purwoaji.
Shoot in Ixus 220 HS with Lomo-mode.

Zine travel Halimun milik Tinta, teman saya, di edisi kedua berkisah tentang Surabaya. Dia mendedah habis berbagai destinasi populer dan tidak populer tentang Surabaya. Tinta bercerita pendek-pendek tentang Dolly hingga Sinagog, dari Monuman Kapal Selam hingga Taman Bungkul, dari Pasar Loak Gembong hingga Pasar Kaos Kapasan. Sangat menarik!

Silahkan download zine keduanya di sini.

Itu pula yang membuat saya bikin postingan ini. Tentang Surabaya's playground, tentang berbagai taman bermain yang mengepung Surabaya di berbagai sisi. Mulai dari tengah kota hingga agak pinggiran. Alhamdulillah, Surabaya dikaruniai berbagai taman kota yang asyik untuk pacaran dan menghabiskan waktu minggu pagi bersama keluarga.

Taman-taman kota ini memiliki fungsi dan hakikatnya masing-masing. Seperti Taman Bungkul yang asyik untuk membolos dan pacaran di siang hari, Taman Apsari yang sangat pas untuk melakukan demonstrasi, Taman Prestasi yang memiliki predikat taman mesum karena tempatnya yang tersembunyi, atau Surabaya Skate Park yang sangat cocok digunakan untuk berlaga bagi Anda, hai para skater dan biker handal.

Tanpa terasa, keberadaan taman-taman ini begitu penting. Tanpa hadirnya Taman Surya, dimana lagi publik Surabaya akan menggelar Pesta Kuliner Bango dan acara sepeda santai? Tanpa hadirnya Taman Kalimantan, dimana para lansia akan menemukan jogging track? Tanpa adanya Taman Hiburan Rakyat, akankah kelompok Srimulat menjadi legenda?

Meski belasan taman ini tidak banyak membantu menurunkan suhu Surabaya yang naujubillah panasnya, tapi tanpa adanya taman kota, Surabaya bisa berubah menjadi neraka.

Inilah beberapa nama taman yang selalu mengingatkan orang Surabaya untuk tidak lupa bermain di tengah penatnya hidup, tetap menjadi homo ludens, manusia yang selalu bermain-main:

Taman Prestasi

Berada di Taman Prestasi bagai menemukan sebuah oase di tengah kota. Taman seluas 6.000 m2 ini dihiasi sekitar 21 jenis tanaman sehingga terasa nyaman untuk melepas penat. Anak-anak pun dapat bermain sambil belajar mengenal lingkungannya. Area ini dilengkapi panggung terbuka, panggung teater, dan sarana permainan anak. Di sini, kita juga dapat menyaksikan replika penghargaan yang pernah diraih Kota Surabaya, seperti Wahana Tata Nugraha, Adipura Kencana, dan lain-lain. Obyek wisata ini juga menawarkan petualangan lain, seperti menyusuri Kalimas dengan perahu naga atau perahu dayung. Bahkan, bagi keluarga yang ingin menikmati suasana asri taman dengan menunggang kuda, telah tersedia kuda-kuda anak-anak. kekar yang siap mengantar.

Taman Bungkul
Revitalisasi Taman Bungkul dengan konsep Sport, Education, dan Entertainment telah diresmikan sejak 21 Maret 2007. Area seluas 900 m2 yang dibangun dana sekitar Rp 1,2 milyar itu pun dilengkapi berbagai fasilitas, seperti skateboard & sepeda BMX track, jogging track, plaza (sebuah open stage yang bisa digunakan untuk live performance berbagai jenis entertainment), akses internet nirkabel (Wi-Fi atau Hotspot), telepon umum, arena green park seperti kolam air mancur, dan area pujasera. Bahkan, taman ini juga dilengkapi dengan jalur bagi penyandang cacat agar mereka pun bisa ikut berekreasi. Taman yang berada di jalan protokol yakni di Jl. Raya Darmo itu makin bisa dirasakan manfaatnya bagi warga kota metropolitan Surabaya.

Taman Kalimantan

Sejak diresmikan tanggal 21 Maret 2007, Taman Bungkul dilengkapi fasilitas skateboard & BMX track, jogging track, serta akses internet nirkabel

Fungsi taman kota Surabaya sebagai tempat olahraga, rekreasi warga kota, hang out, dan menghirup udara segar jauh dari polusi, makin banyak alternatif. Surabaya bahkan telah memiliki taman lanjut usia atau taman lansia. Area yang dimanfaatkan sebagai taman alternatif untuk para lanjut usia itu berlokasi di Jalan Kalimantan. Area seluas sekira 2.000 m2 eks SPBU Kalimantan itu, di set up menjadi taman yang cantik sekaligus segar.

Beragam tanaman dan bunga cantik menghiasi. Di sela warna-warni tanaman indah itu tersedia track yang khusus dibuat untuk kenyamanan kursi roda para lansia. Ada pula tempat duduk untuk pengantar saat menemani para lansia menikmati suasana kota di pagi atau sore hari. Kesejukan suasana di taman ini kian segar oleh keberadaan air mancur di tengah taman. Kesegaran itu tentu bisa memecah kepekatan polusi udara dari kendaran bermotor yang cukup padat melewati bilangan ini.

Taman Apsari
Taman Apsari memiliki keunikan dibanding kawasan Surabaya lainnya. Taman yang berada di depan Gedung Grahadi itu terasa sejuk dan relatif tenang, meski tempatnya di tengah kota. Area ini di dalamnya terdapat Patung Suryo dan Joko Dolog. Di area seluas 5.300 m2 itu dilengkapi lebih kurang 20 jenis bunga dan tanaman. Di sela bunga dan tanaman itu disediakan jogging track yang nyaman untuk jalan-jalan. Sebagian anak muda bahkan menggunakannya untuk bermain skateboard. Sebagian warga Surabaya yang lain memanfaatkannya sebagai tempat kongkow kongkow semalaman sampai pagi menjelang.


Taman Flora
Taman Flora seluas 2,4 hektar di eks Kebun Bibit Baratang Surabaya kian bertambah nilainya. Selain rindang oleh ratusan jenis pohon dan tanaman, taman ini juga disebut Techno Park karena dilengkapi fasilitas teknologi internet. Setelah diresmikan Agustus 2007, area ini dilengkapi sebuah ruang sekitar 5x10 m2 sebagai ruang pembelajaran IT dengan 6 line jaringan komputer yang tersambung internet. Ruangan ini juga dilengkapi software berbagai games interaktif untuk sosialisasi tentang lingkungan dan masalah sampah. Techno Park ini sifatnya interaktif, yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak sekolah untuk praktek atau membentuk komunitas IT.

Taman Sulawesi
Area seluas 2.259 m2, eks SPBU Sulawesi, kini telah disulap menjadi taman yang indah. Taman Sulawesi ini pun menambah deretan taman rekreasi yang nyaman bagi keluarga di Surabaya. Warga kota kerap memanfaatkan tempat ini untuk wisata bersama keluarga dan anak-anaknya. Area ini tampak elok oleh warna-warni 50 jenis bunga dan tanaman yang menghiasi taman. Arena wisata ini juga dilengkapi jogging track, shelter, arena permainan anak, dan air mancur. Anak-anak muda sering memanfaatkan tempat ini untuk bermain skateboard dan olahraga sepatu roda. Area ini selalu tampak indah, baik pada siang maupun malam hari, karena dilengkapi lampu penerangan dan lampu hias warna-warni.

Taman Sulawesi dilengkapi jogging track, shelter, arena permainan anak dan air mancur.

Taman Yos Sudarso
Taman Yos Sudarso terdiri dari taman dan pedestrian yang kerap dijadikan jalan kaki warga kota maupun turis mancanegara. Di area taman ini terdapat monumen Panglima Sudirman yang tampak kian gagah diterangi sorot lampu di waktu malam. Para penghobi skateboard kerap menjadikan track di bawah monumen sebagai arena berlatih dan mengadu kemampuan. Bahkan di akhir pekan, sekitar tamanan dan pedestrian ini ramai dikunjungi warga Kota Surabaya untuk sekadar dudukduduk bersama sanak keluarganya.

Taman Dr. Soetomo
Jalur Dr. Soetomo-Darmo maupun Dr. Soetomo-Diponegoro mrupakan jalur kota yang ramai. Namun, melewati jalur ini berada teduh karena terdapat taman yang membelah dua jalur tersebut. Apalagi di jalur ini terdapat bundaran yang dijadikan taman untuk interaksi keluarga. Tak jarang warga kota menikmati keceriaan bersama keluarga di taman seluas 103 m2 ini. Taman ini dilengkapi sekitar enam tanaman warnawarni dan jogging track untuk jalan-jalan atau untuk anak-anak bersepeda.

Taman Mayangkara

Taman Mayangkara dibangun antara lain untuk mengenang keberanian Batalyon 503 Mayangkara di bawah pimpinan Mayor Djarot Soebyantoro saat menghadapi Belanda. Di area Taman Mayangkara, di depan Rumah Sakit Islam (RSI), terdapat monumen Mayor Djarot Soebyantoro menaiki kuda putih Mayangkara. Warga Surabaya biasa menyebut Monumen Mayangkara. Berada di lokasi ini terasa makin nyaman karena seluruh area taman telah berhias warna-warni bunga dan tanaman hias. Bahkan, di sekeliling monument dilengkapi arena untuk jalan-jalan dan sarana untuk memadu keceriaan bersama keluarga.

Taman Ronggolawe
Monumen Ronggolawe di Jalan Gunungsari didirikan sebagai kenangan bahwa Surabaya memiliki sosok pemberani dan berjiwa kepahlawanan tinggi. Area monumen itu pun dibuat menjadi Taman Ronggolawe. Setelah dilakukan pembenahan, taman itu kian sering dijadikan tempat bersuka ria warga kota Surabaya bersama keluarga, karena terdapat playground area untuk anak-anak. Kenyamanan di bawah rindangnya pepohonan juga kerap dimanfaaatkan anak-anak sekolah untuk belajar dan bermain di sekitar taman. Area sisanya juga sering digunakan anak-anak muda untuk area bermain sepak bola.

Taman Hiburan Rakyat

Taman Hiburan Rakyat Surabaya atau yang dikenal dengan THR terletak di Jl. Kusuma Bangsa 110 Surabaya (belakang Hi-Tech Mall) menyediakan fasilitas gedung dan panggung terbuka beserta kelengkapannya, selain itu disini juga terdapat stand-stand yang menjual makanan dan produk kesenian.THR juga merupakan salah satu obyek wisata yang dimiliki oleh Kota Surabaya bernaung dibawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya

Lokasi ini digunakan untuk tempat kegiatan seni baik tradisional maupun modern yang memiliki agenda tetap seperti pementasan drama, konser musik, ludruk, dan srimulat, wayang orang, dll yang digelar setiap hari Jumat pukul 19.00 WIB, sedangkan untuk Hari Sabtu terdapat Pagelaran Dangdut yang juga dimulai sejak pukul 19.00 WIB.

Taman Remaja Surabaya

Taman Remaja Surabaya yang terletak di jl. Kusuma Bangsa 112 - 114 yang termasuk wilayah Surabaya Timur, merupakan tempat rekerasi keluarga dengan beraneka ragam jenis permainan dan hiburan seperti boom - boom car, mini coaster, tele combat, water jumping, view wheel, captain hook, twist alladin, rumah hantu, komedi putar, mono rail, kereta api mini, kolam bola dan lain - lainnya. Juga tersedia stand adrotness, musik, cinderamata dan panggung hiburan dang dut atau pop dengan penyanyi atau artis Surabaya maupun Jakarta. Pada hari - hari tertentu tersedia pertunjukan khusus seperti warioa show dan lain - lainnya. Buka setiap sore pukul 17.00 sampai dengan 01.00 dengan area parkir yang luas.

Pantai Ria Kenjeran

Berada dibagian timur Surabaya, dengan udara pantai yang semakin Anda rasakan begitu Anda berada di kawasan Mulyosari maupun Sutorejo. Pantai Ria Kenjeran ini merupakan pantainya arek-arek Suroboyo dengan beberapa fasilitas yang beraneka ragam mulai dari olah raga hingga cinderamata khas Surabaya.

Apabila Anda ingin menikmati udara pantai dengan berjalan kaki atau berkuda di taman yang telah disediakan oleh Pantai Ria Kenjeran. Dan juga bermain layang-layang dengan bebas disini karena angin pantai yang mendukung untuk permainan ini. Sehingga akan sangat menyenangkan membawa keluarga untuk berlibur di Pantai Ria Kenjeran ini.

Pantai Ria Kenjeran juga sering mengadakan acara-acara pada hari-hari tertentu (Sabtu/Minggu) yang sangat menarik sehingga sayang sekali jika terlewatkan begitu saja. Diantaranya adalah drag race di park-sirkuit, pacuan kuda, pertunjukan barongsai di saat bulan purnama, permainan layang-layang dan sebagainya.

Pantai Ria Kenjeran dibuka setiap hari selama 24 jam. Pihak pengelola Pantai Ria Kenjeran terkadang memberikan potongan harga tiket pada hari-hari biasa.

Disclaimer: Seluruh tulisan deskripsi tentang taman kota dicopy dan dipaste dari situs Surabaya.go.id

PS: Tadinya saya mau bikin peta Surabaya Playground di Google Maps gitu, tapi ternyata saya kurang canggih, hahaha! Ada yang mau bantu memetakan taman di Surabaya di Google Maps? Anyone?

7 comments:

galih s putro said...

Ayos...kamu melupakan satu taman yos...taman yg sangat berarti..yaitu Taman Alumni di ITS...hehehe
taman terbesar di Surabaya....hohohoho....fasilitas pendidikan ada,jogging track ada...lengkap lahh...
yang kurang cuma pedagang makanan kaki lima yg gak ada...hohoho

anithasilvia said...

wah akhir bulan ini pengen keliling taman, makasih share nya!

Artika Farmita said...

PROTES! <---iki ngono wong Suroboyo pinggiran mau menambahkan sedikit lagi yang belum disebutkan..hehe

Ada Taman Ekspresi mas...yang di depan Diknas jalan Genteng (baru saja diresmikan). Lalu Taman Skate&BMX di dekat patung Suro&Boyo yang baru...
Juga ada Taman Buah di jalan Undaan.
Nanti juga ada taman Jayengrono di depan JMP...masih dibangun. DI daerah Surabaya Barat juga ada beberapa spot yang siap ditambahkan (sejauh saya mengamati aktivitas bapak2 DKP dan bentuk tanah kosong yang semakin cantek..hehe).

tas etnik said...

wah tempat yang dikupas begitu mendalam bisa menjadi tujuan rekreasi ane kelak kalau ane berkunjung ke surabaya. thanks untuk informasinya, gan.

Ayos Purwoaji said...

@ mas Galih: Haha gak diitung iku pak!

@ mbak Tinta: Thanks for the inspiration!

@ Tika: Wooaa makasih ya tambahannya :)

@ Tas Etnik: kembali kasih :)

jak jaki! said...

dadi kelingan lagune Post Therapy sing judul e Taman,
"Tiada lagi taman yang indah
Berganti dengan pencakar langit
Hilang semua warna kotamu
Pudar terhapus tuntutan jaman"

didut said...

banyaknya .. jd iri dgn Surabaya :(