Pages

7/30/11

The Trawangan Tips

Pemandangan sepanjang garis timur Gili Trawangan.
Photos by Radit taken with Samsung Galaxy Mini

Overall, Gili Trawangan enak sekali untuk dikunjungi, apalagi untuk melakukan ritual getaway dari kehidupan urban yang sesak. Suasana pulau ini begitu tentram, meski kalo malam hingar-bingar di beberapa spot. Ada beberapa poin yang perlu dicermati kalo mau pergi ke Gili Trawangan:

1. Menempuh tiga jenis perjalanan yg berbeda (udara-darat-laut) yang harus ditempuh berkesinambungan untuk menuju pulau ini. Agak exhausting untuk orang tua, orang yang gampang mabuk dan anak kecil.

2. Air! Dimanapaun kamu menginap pasti mandi air asin. Kalo nggak suka mandi air asin jangan pergi ke Trawangan, hahaha.

3. Di Trawangan nggak ada kendaraan bermotor. Buat yang gampang capek ya sewalah sepeda angin atau bendi lokal bernama Cidomo. Tapi menurut saya sih enakan juga jalan, toh pulaunya kecil. Cuma butuh dua jam saja untuk mengkhatamkan Trawangan.

4. Bukan Bali KW. Lombok bukan Bali. Penduduk mayoritas adalah suku Sasak yg muslim, tapi Hindu Bali juga ada. Kehidupan (sosial, fasilitas, budaya, dll) di Lombok juga jauh berbeda dengan Bali. Jadi jangan menaruh ekspektasi yang sama.

5. Bukan tempat belanja. Nggak banyak fasilitas shopping di Trawangan (atau bahkan ga ada!). Jadi ya jangan harap menemukan tempat blanja ini itu (suvenir, makanan, dll) di Trawangan.

6. Bawa duit yang banyak karena expense pasti banyak: Transport udara-darat-laut, ongkos nginap, ongkos makan, ongkos wahana (snorkling, banana boat, dll). Tapi jangan kuatir, walaupun terpencil tapi ada gerai ATM bank besar kok di sana.

Sekian dan selamat menikmati Trawangan!

_________________________________________









Radit, seorang illustrator handal dan pecinta Bjork. Nama aslinya panjang: Rahadityo Mahindro Bhawono. Koleksi musik dan filmnya patut dibajak dengan beberapa hardisk eksternal sekaligus. Besar dan tinggal di Surabaya membuat Radit suka mengumpulkan remah arsip sejarah kota ini. Konon ia pemarah, tapi pacarnya selalu cantik. Heran deh.

Follow him @RaditAndrogyny

_________________________________________

3 comments:

Radit said...

"Konon ia pemarah, tapi pacarnya selalu cantik. Heran deh." ---> Lha ini :))

bism said...

Kalau nyewa kacamata buat snorkling harap diperiksa dulu yg teliti, sepupuku nyewa bentar baru pake langsung rusak.. seyakin-yakinnya dia ga ngrusakin, tetep duit 150ribu melayang #trueshityear2008 :))

jeri kusumaa said...

iklan terselubung dari samsung ahaha.
btw nice inpoh. matur suwun mister.
seminggu abis lebaran rencana mo ke sono, perjalanan darat aja sih hemat duit :p sekalian pengen mampir ke bali utk bbrp hari :)