Pages

9/19/11

The Winding Road



"Traveler itu ngejar 'journey',
bukan cuma 'destinations'..."
(Bhagavad Sambadha, 2011)


Sebagai seorang pejalan, apakah Anda pernah ditanya; sudah pergi kemana aja? Itu adalah jenis pertanyaan generik yang biasa ditanyakan pada orang yang suka traveling. Seakan-akan jumlah destinasi menjadi tolok ukur paling mudah untuk menentukan apakah seseorang itu benar-benar traveler atau bukan.

Tapi tentu saja tidak semua traveler berpikiran demikian. Ada beberapa orang yang lebih suka menikmati perjalanan ketimbang destinasi itu sendiri. Contoh paling mudah adalah para biker yang sedang touring. Bagi mereka, bisa jadi kebersamaan dalam perjalanan, suara deru motor, bau asap knalpot, atau debu jalanan itu jauh lebih eksotik ketimbang hamparan pantai berpasir putih.

Proses perjalanan itulah yang disebut journey. Itu yang menempa pribadi para petualang sehingga mampu melihat kehidupan dengan cakrawala yang lebih membumi. Sebuah perjalanan juga senantiasa mengingatkan para petualang bahwa dunia itu luas dan manusia itu kecil. Maka jika sudah seperti ini, jumlah desinasi menjadi tidak begitu berarti.

Saya membuat video The Winding Road ini sebagai sebuah simbol, bahwa perjalanan itu kadang lebih seru ketimbang tujuan itu sendiri. Dan saya menikmati setiap perjalanan yang saya lakukan, lengkap dengan kerikil dan sandungan yang terjadi di jalan.

6 comments:

galih s putro said...

arrgghhh....racunnya dimulai nich...hahayy..

btw, agak sedikit terganggu dengan timing slide foto yg gak seragam, dan sepertinya terlalu cepat..IMHO..

Radit said...

Wah, manis juga videonya :p

Anonymous said...

wih.. ganteng beudh XD

Tekno aka Bolang said...

Ada Cerita seru setiap dari setiap perjalanan...aku sendiri gak nyadara julukan apa buat diriku, Gembeler, touringer, traveller ato Lostpacker? soalnya semua pernah ngalami. yang penting seru aja...eh Videone asik...

deasy est said...

suka..! :D

aku dapet plajaran berharga dari tulisan ini..

karena ngingetin pengalamanku waktu naik ke gunung ungaran.. karena aku lebih berpikir tentang the destination-nya, yaitu lihat sun rise, perjalanan turun gunung jadi lebih membosankan + melelahkan..

~~ sedih.. padahal baru pengalaman pertama.. :(

Lailatul said...

terkadang destinasi yg sama tapi dilakukan bersama org2 yang berbeda menghasilkan pengalaman yg berbeda juga..
so,pilih2lah memilih partner traveling..
-based on pengalaman pribadi- :P