Pages

10/13/11

Ekspedisi Cincin Api Kompas: Toba


Danau Toba terlihat dari menara pandang Tele di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jumat (22/7/2011). Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia. Danau hasil volcano tektonik terbesar di dunia, dengan panjang danau 87 kilometer dan lebar 27 kilometer, terbentuk dari letusan gunung berapi raksasa (supervolcano) yang terjadi sekitar 75 ribu tahun lalu. (KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT)

Saya termasuk orang yang selalu antusias mengikuti berbagai ekspedisi yang dilakukan Kompas. Laporan ekspedisi yang ditulis dengan bahasa jurnalistik membuat saya -sebagai orang awam- bisa ikut menikmati perjalanan yang dilakukan oleh para wartawan Kompas. Hampir semua buku ekspedisinya saya punya. 

Nah, di Ekspedisi Cincin Api yang diadakan Kompas kali ini juga menggunakan media baru yang saya pikir cukup inovatif; Google Maps. Dengan fasilitas geo-tagging yang dimiliki oleh Google, membuat para anggota ekspedisi dengan mudah membagi tulisan dan foto dalam bentuk peta digital, sehingga kita sebagai pembaca bisa membayangkan kondisi geografisnya juga. 

Maka silahkan nikmati laporan dari Ekspedisi Cincin Api ini dengan media yang lebih interaktif. 


Lihat Ekspedisi Cincin Api Kompas - Toba di peta yang lebih besar

No comments: