Pages

10/31/11

Strawberry Sundae


Teks dan foto: Giri Prasetyo

Strawberry Sundae, atau dalam bahasa lokal disebut Nisa Purung adalah gugusan karang di perairan Labuan Bajo. Nisa sendiri berarti pulau, purung adalah terbakar, barangkali ini toponimi ini mewakili pandangan masyarakat tentang pulau karang yang berwarna merah muda ini. Sedangkan nama Strawberry Sundae sendiri adalah sebutan para wisatawan untuk menggambarkan warnanya yang mirip es krim stroberi yang manis.  

Akses yang sulit membuat pulau kecil ini tidak banyak dikunjungi wisatawan, karena tempatnya yang nylempit juga membuat bentukan alam yang unik ini luput dari peta wisata. "Saya saja baru kali ini ke Nisa Purung, sebelumnya tidak pernah!" kata Mikael Nongko, seorang tour guide yang sering mengantarkan wisatawan menuju Taman Nasional Komodo.

Saya tidak paham apa yang menyebabkan Nisa Purung 'terbakar', namun yang pasti, bentukan pola di atas permukaan karang mengindikasikan sebuah proses kimiawi yang panjang. Seperti proses oksidasi pada permukaan besi sehingga berubah warna menjadi coklat atau jingga. Warna jambon yang menyelimuti Nisa Purung lebih pekat ketimbang Pantai Pink Beach di sudut Pulau Komodo yang menjadi destinasi legendaris itu. 

Saya mendekat dengan sekoci bermesin tunggal, lantas trekking ringan untuk menuju Nisa Purung. []




7 comments:

fajjar_nuggraha said...

strawberry sundae..btw itu foto covernya pakai lensa fish eye yahh??

bejo said...

Baliproductreview.com - The Best Page For Product Review

Laboan Bajo... pingin coba kesana, bandingkan Bali, Raja Ampat dan Lombok mana yang lebih bagus ???

feraamelia said...

eksotis fotonya. niceeeee !

dweedy said...

Wow... Kapan ya bisa kesana???

Tekno aka Bolang said...

Apik Pakdhe...

lambertoes said...

Sumpah? Itu beneran seperti itu ya warnanya?
Keren!

Daniella said...

Labuhan Bajo...tempat yang baru terdengar namanya (bagi saya), tapi di beberapa media, nampaknya sudah beberapa kali diliput...Tapi menurutku masih kalah keren ama raja ampat (CMIIW)