Pages

12/29/12

Bloom

Foto oleh Swiss Winasis

Pada penghujung tahun, kita beramai-ramai membuat resolusi, sebagai panduan untuk menjalani hidup setahun yang akan datang. Di akhir tahun, segala resolusi biasanya diteropong kembali dalam sebuah retrospeksi. Ada target yang meleset, ada yang bahkan melebihi mimpi. Gagal menggending anak pak Camat eh tahu-tahunya dijodohkan dengan tetangga sebelah yang seorang model Victoria Secret. Wah! Kadang memang hidup itu punya alur yang misterius kawan.

Di awal tahun 2012, Hifatlobrain juga punya berbagai rencana. Ada yang tercapai, ada juga yang tidak. Tapi lumayan alhamdulillah kami masih bisa berkarya. Upaya mengubah tampilan situs supaya lebih terlihat canggih ternyata harus tertunda begitu lama. Akhirnya wajah Hifatlobrain yang masih begini-begini saja. Tidak berubah sejak zaman pleistocene. Tapi sesegera mungkin di awal tahun nanti kami bakal facelift. Karena kami percaya perwajahan yang segar membawa semangat dan hoki yang lebih besar. Seperti remaja yang baru keluar dari spa. Amien. 

Setahun belakangan, kami akui jarang sekali mengupdate blog. Konten Hifatlobrain turun sebanyak limapuluh persen dibanding dua tahun sebelumnya. Kami juga bingung kenapa. Tapi lagi-lagi syukur alhamdulillah karena ada beberapa kontributor yang mempercayakan karyanya untuk terbit di Hifatlobrain dan para pembaca yang masih setia untuk mampir. Hatur nuhun sadayana. Berkat kalian blog ini masih setia mengudara pada tahun keenam pada Januari tahun depan. 

Enam tahun ngeblog bukanlah prestasi luar biasa. Itu semua terjadi berkat ramalan suku Maya yang meleset. Sebab kalau ternyata jitu, maka Hifatlobrain hanya berumur lima tahun. 

Selama setahun terakhir kami memang lebih fokus bikin video perjalanan. Tidak kurang dari delapan video kami buat pada 2012. Ada yang kerja komisi, ada juga yang suka-suka. Itu berarti hampir setiap dua bulan kami bikin video. Tahun depan semoga bisa membuat lebih banyak dan lebih bermutu. 

Di sisi lain, kami senang karena lanskap video perjalanan sedang tumbuh subur di Indonesia. Banyak videografer muda yang muncul dengan karya yang mengejutkan. Kami berharap keadaan ini masih terus berkembang di tahun-tahun yang akan datang. 

Pada awal tahun 2013 kami tidak sempat lagi membuat resolusi karena beberapa agenda sudah menghadang di depan mata. Pada pertengahan Januari, kami kembali mengadakan program Traveler in Residence dengan mengajak Rendy Hendrawan, seorang arsitek muda sebagai peserta. Pada minggu terakhir bulan Februari kami juga akan mengadakan sebuah kelas penulisan perjalanan yang diinisiasi oleh mbak Ary Amhir, penulis buku Negeri Pala. Pelatihan ini akan membahas travel writing bergaya naratif. Siapa saja yang berminat silakan ikut. Pengumuman lebih lanjut baru kami sebar pada awal tahun. 

Oke itu saja sedikit retrospeksi dari kami. Selamat tahun baru! Keep love. []

2 comments:

@adarmawans said...

di tunggu lho video-video lainnya! terutama yg 'ada' mas Giri-nya! haha :)

ranselkeliling.blogspot.com

ogi philardi said...

Selamat tahun baru hifatlobrain..ditunggu video travel kerennya di 2013 :)