Pages

4/19/13

[RIP] Pak Heru


Tadi pagi, Nuran memberikan kabar yang mengejutkan bahwa Pak Heru dari Bima meninggal dunia. Siapa itu Pak Heru, barangkali tidak ada orang yang tahu. Tapi dialah penolong saya dan Nuran saat melakukan perjalanan panjang menuju Flores pada tahun 2009 yang lalu. Kadangkala kenangan perjalanan atas sebuah tempat tidak muncul dari keindahan panorama belaka, namun justru meruap dari keramahan penduduknya. Tanpa Pak Heru, kota Bima tidaklah tampak istimewa di mata kami. Pak Heru justru menjadi jangkar penambat ingatan dan janji untuk kembali ke Bima.

Pak Heru bukanlah siapa-siapa. Pak Heru adalah personifikasi siapa saja yang mau membukakan pintu bagi para pelancong kemalaman dan ingin menumpang mandi. Dengan segala keramahan khas penduduk lokal Pak Heru bercerita kepada kami tentang kisah-kisah kuno. Tentang nostalgia masa muda. Tentang perasaan menjadi jagoan. Tentang emas dan kapal-kapal yang besar. Tentang pengelanaan dan pertaruhan di meja judi... Tapi manusia tetaplah manusia, Pak Tua yang matanya masih penuh dengan debur ombak dan senyum segar ala lunas kapal, akhirnya harus pulang juga. Sampai jumpa Pak Tua! 

Silakan baca juga obituari ala Nuran Wibisono. []    

1 comment:

Tekno Bolang said...

Selamat jalan pak Heru, Semoga gusti Allah sudah menyaipak tempat terindah di sisi-Nya. dan semoga masih banyak pak Heru-pak heru lainnya. Indeed yos seperti biasa...