Pages

5/20/13

Eastern Blues



Teks dan foto oleh Prabhoto Satrio

Foto-foto ini merupakan bagian dari perjalanan saya di penghujung tahun 2011, saat berada di dataran timur Indonesia. Saya mengunjungi dan berkesempatan memotret kehidupan masyarakat Kupang, Alor, Rote Ndao, di sela-sela proyek dokumenter.

Di tengah kekeringan yang menjerit dari permukaan tanah tandus, jiwa masyarakat Indonesia timur yang hangat kepada pelancong seakan menjadi oase yang menyegarkan kalbu. Keramahan mereka menghembus di pucuk-pucuk pohon lontar, di permukaan gelas-gelas moke, di pantai dan lautan yang teduh, hingga di sela-sela tumpukkan kerakal yang disusun menjadi pagar-pagar. Keramahan yang menyebar di udara itu seperti sekam yang rapi menyimpan api. Dalam lubuk hati masyarakat Kupang, mereka masih memendam rasa sakit dan trauma akibat berpisahnya Indonesia dengan Timor-Timur di tahun 1999. Kejadian yang mengubah peri kehidupan dan memisahkan banyak keluarga tersebut berbuntut bara konflik yang tak kunjung usai seperti perebutan tanah, tempat tinggal, dan seterusnya.

Namun getir manisnya kehidupan masyarakat menjadi senandung romantika yang merasuk jiwa saat mata saya menjelajah luasnya saujana dari pelosok Kupang sampai pulau Ndana. Banyak kejutan yang tak sempat terbayangkan sebelumnya. Dan melalui kamera, saya merekam kejutan-kejutan selama perjalanan menjadi cerita lepas petualangan di bawah langit Indonesia Timur.

Selamat menikmati! 










7 comments:

ecko said...

Good imaage mas kriwl

Eckosipetani :)

ecko said...

Kerennn mas brroo.. Bnyakin lagi uploadnya... Indonesiaa ajah jangan negara orang,,, hehehee

turiscantik.com said...

nice photos, awesome story ;)

Febry Rg said...

nice pic and nice people.. sayangny masih bnyak pulau2 imdah di Indonesia yg aksesny sngat slit di jangkaau...!

Andi Azhari said...

Keren banget pak gambarnya !!!!

Anonymous said...

Sangat antiq dan primitive, tetapi amazing sekali

outbound malang said...

Kerenn gan ... amazing pic :)
salam persahabatan